POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK MENURUT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu)
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.88Keywords:
Pola asuh, Orang Tua, Pendidikan, RemajaAbstract
Pola asuh orang tua adalah perilaku orang tua yang diterapkan pada anak yang bersifat relatif dan konsisten dari waktu ke waktu. Orang yang bertanggung jawab mengasuh anak adalah kedua orang tuanya. Seorang ibu atau wanita lebih diutamakan dalam hal mengurus anak, karena sesuai dengan sifatnya, ibu mempunyai sifat lemah lembut, halus perasaan dan sayang kepada anak kecil. Tujuan penulisan artikel ini untuk menjelaskan pola asuh orang tua terhadap anak menurut pendidikan Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu). Metode dalam artikel ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research) adalah penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada responden. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis menyimpulkan bagi orang tua yang telah menerapkan pola asuh sesuai dengan pendidikan Islam maka akan mampu menghindarkan dan membawa anak-anaknya terbebaskan dari kenakalan remaja adapun bentuk pola asuh orang tua menurut pendidikan Islam adalah sebagai berikut:
- Orang Tua harus kompak memilih pola asuh yang akan diterapkan kepada anak.
- Jadilah orangtua yang pantas diteladani anak dengan mencontohkan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari.
- menyesuaikan pola asuh dengan situasi, kondisi, kemampuan dan kebutuhan anak.
- Kedisiplinan tetap harus diutamakan dalam membimbing anak.
- Kedepankan dan tanamkan sejak dini agama dan moral yang baik pada anak.
- Komunikasi dilakukan secara terbuka dan menyenangkan.
- Hindari tindakan negatif pada anak
References
Abdul Basith Junaidy, Pengasuhan Anak Menurut Hukum Islam, Al-Hukama, No. 01 Juni, 2017
Amir Daien Indrakusuma, Membina Rumah Tangga Bahagia (t.c; Bandung: Al-Maarif, 2002)
Dadang Hawari, Al-Qur’an dan Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental (t.c; Jakarta: Dana Bakti Yasa, 2004)
Diana Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini (t.c; Jakarta: Kencana, 2012)
Dewi Candra Puspita, Pola Asuh Ibu yang Menikah Muda dalam Menanamkan kedisiplinan pada Anak (Kasus pada Keluarga di Desa Sengi Kec. Dukun Kab. Magelang) (Semarang: Sarjana Universitas Negeri Semarang, 2017)
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Ismail Keri, Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah ([t. c]; [t. p]: Unit Jurnal dan Penerbitan STAIN Watampone, 2017)
Jawariyah, Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam al-Qur’an (t.c; Yogyakarta: Teras, 2010)
Kustiah Sunarty, Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak (t.c; Makassar: Edukasi Mitra Grafika, 2015)
Kartono, Kenakalan Remaja (Patologi Sosial 2) (Cet. III; Bandung: PT Raja Grapindo Persada, 2003)
Listriana Fatimah, Hubungan Persepsi Anak terhadap Keharmonisan Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Anak (t.c; Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2010),
Moh. Haitami Salim, Pendidikan Agama dalam Keluarga:Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter (t.c; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013),
Mardani, Hukum Islam (Kumpulan Peraturan Tentang Hukum Islam di Indonesia) (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2015)
Mustafa Masyhur, Qudwah di Jalan Dakwah (t. c; Jakarta: Citra Islami Perss, 1999)
Mardani, Hukum Islam (Kumpulan Peraturan Tentang Hukum Islam di Indonesia) (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2015)
Rabiatul Adawiah, “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 7, No. 1, 2017,
Saiful Bahri Djamarah, Pola Kominikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga (t.c; Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Yusuf As-Subky, Membangun Surga dalam Keluarga (Cet. II; Jakarta: Senaya Abdi, 2005)