IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH TAHFIDZUL QUR'AN IBNU AQIL
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.126Keywords:
Evaluasi, Program pendidikan karakter, ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur'an Ibnu Aqil. Pendidikan karakter merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah yang bertujuan untuk membentuk perilaku dan moral siswa. Evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen sekolah terkait program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur'an Ibnu Aqil telah diimplementasikan dengan baik, namun masih terdapat beberapa tantangan. Guru berperan aktif dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran sehari-hari. Selain itu, sekolah juga menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan karakter siswa, seperti kegiatan keagamaan, pramuka, dan bakti sosial. Namun demikian, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, antara lain kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar, serta keterbatasan fasilitas dan sumber daya. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan kerjasama yang lebih erat antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat. Disarankan agar sekolah melakukan pelatihan berkelanjutan bagi guru mengenai strategi pengajaran karakter dan memperkuat komunikasi dengan orang tua siswa untuk memastikan nilai-nilai karakter dapat ditanamkan secara konsisten baik di sekolah maupun di rumah.
References
Alfie Ridho, Arina Denggan Munthe, Dimas Andika Shaputra, Indah Wahyuni, Lutfhia Farhana Putri Lubis, Nursiti Maysarah, & Inom Nasution. (2023). Analisis Evaluasi Program Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 211–221. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1516
Ayu Diana, Nizar, R. S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia, 1(1), 157–166.
Hal, A., Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Phinisi Integration Review Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. 3(2).
Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter Abdul Jalil Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. 6.
Journal, S., & Management, E. (2023). program pendidikan karakter, (2) masukan (. 3(20), 98–107.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551
Mts, I. N., & Ulum, A. L. (2022). Cermin : jurnal penelitian. 6(1), 408–421.
Rosyidi, H., & Goffar, A. (n.d.). MANAJEMEN.
Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817
Supriyadi, E. (n.d.). Seminar Nasional zoto “Character Buildingfor Vocational Education” fur. PTBB, FT UNY Desember 1. 1–11.