PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DZIKRUS SALAM DESA AUR CINA KECAMATAN BATANG CENAKU KABUPATEN INDRAGIRI HULU
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.98Keywords:
Metode Demontrasi,, Hasil Belajar, Al-Qur’an HaditsAbstract
Metode demonstrasi adalah suatu penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada peserta didik tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu. Dengan metode demonstrasi ini proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan metode demontrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. metode demonstrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Intervew (Wawancara) dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pada observasi I dikategorikan “baik” dengan presentase 75%. Pada observasi ke II dikategorikan “baik” dengan presentase 75%. Pada observasi ke III dikategorikan “baik” dengan presentase 100%. Pada observasi ke IV dikategorikan “baik” dengan presentase 100%, maka proses pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi di kelas III A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Aur Cina dengan jumlah 21 siswa tergolong Baik. (2) pengaruh penerapan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Hal ini di buktikan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan KK nya sebesar 0,817. Setelah mengubah harga KK atau C menjadi harga phi (ϕ), di dapati hasil (0)= 1 Setelah interprestasikan maka di dapati nilai phi yang berasal dari KK atau C ternyata lebih besar dari pada “r” product moment baik taraf signifikan 5% maupun 1% atau 1>0,433>0,537>.
References
Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, 2009, Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam, Bandung:PT Refika Aditama
Abdul Majid, 2013, Strategi Pemebelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
Anshori, 2013, Ulumul Qur’an, Jakarta: Rajawali Press,
Anas Sudijono, 2018, Pengantar Statistik Pendidikan, Depok: PT Raja Grafindo Persada
Darmadi, 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, yogyakarta: deepublish, Februari
Karwono dan Heni Mularsih, 2017, Belajar dan Pembelajaran, (Depok: PT Raja Grafindo Persada
Miftahul Huda, 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mislan ,M.Pd dan Edi Irwanto, M.Pd, Strategi Pembelajaran Komponen,Aspek,Klasifikasi Dan Model-Model Dalam Strategi Pembelajaran
M. Quraish Shihab, 1996, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan,
Mimin Haryati, 2007, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarat: Gaung Prasada Press
Nana Sudjana, 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman, 2017, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Shubhi Al-Shalih, 1969, Ulumul Al-Hadis wa Musthalahuh, Beirut, Dar Al-‘Iim Li Al-Malayin
Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka