EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS: STUDI KASUS DI BEBERAPA SEKOLAH

Authors

  • Yusrizal Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Annisa Fajriani Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Aditya Prayoga Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.142

Keywords:

Program Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan aspek kritis dalam membentuk karakter dan moralitas siswa. Pembentukan nilai-nilai keagamaan pada tingkat ini memainkan peran sentral dalam membantu siswa menginternalisasi ajaran Islam. Seiring dengan perkembangan zaman dan dinamika masyarakat, perubahan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia juga menjadi semakin nyata. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap efektivitas program pendidikan Agama Islam di SMA guna memastikan pencapaian tujuan pendidikan agama secara optimal.

Dengan melakukan studi kasus di beberapa SMA, diharapkan evaluasi ini dapat memberikan pemahaman mendalam tentang keberhasilan dan tantangan program pendidikan Agama Islam. Informasi yang ditemukan diharapkan dapat menjadi dasar untuk peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di SMA, sehingga dapat lebih efektif dan relevan dalam membentuk karakter serta moral siswa di tengah perubahan zaman.

Penelitian memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan Islam di SMA Kabupaten Indragiri Hulu, membantu pihak sekolah dan pemerintah dalam menyusun kebijakan yang lebih efektif. Dengan memahami faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta melibatkan partisipasi siswa dan orang tua dalam evaluasi, hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi konkrit untuk perbaikan dan pengembangan program pendidikan agama Islam di tingkat SMA Kabupaten Indragiri Hulu.

References

Al-Atibi, M. (2015). The effect of using technology in teaching English as a Second Language. International Journal of Higher Education, 4(2), 26-36.

Arifin, A., Purwanto, A., Sulisworo, D., Prayitno, B. A., & Asbari, M. (2019). The effectiveness of mobile learning-based i-scaffold to improve students’ writing skill. International Journal of Instruction, 12(1), 129-144.

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching, 8(3), 381-391.

Hamzah, Y. (2016). The role of Islamic education in the development of character values of high school students. International Journal of Education and Research, 4(7), 319-328.

Muhammad, I. (2018). The Role of Islamic Education in Character Building. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 221, 110-113.

Nurhadi. (2020). The development of Islamic education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 11(5), 54-61.

Sardjiyo. (2014). Implementation of religious education to improve the character of students. International Education Studies, 7(10), 90-98.

Setiawan, I. (2018). The effectiveness of Islamic religious education learning in developing students’ religiosity and character. Journal of Education and Practice, 9(5), 15-22.

Yusuf, M. (2017). The implementation of character education through character building in Islamic senior high schools. International Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 9-22.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Yusrizal, Annisa Fajriani, & Aditya Prayoga. (2024). EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS: STUDI KASUS DI BEBERAPA SEKOLAH. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1159–1166. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.142