Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.</div> <div> </div> <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is an National peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of education and teaching. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of education and teaching, the Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.</div> en-US yuliafebriyati27@gmail.com (Yulia Febriyati, S.E.Sy.,ME) halonova81@gmail.com (Nova Violita, A.Md) Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA YANG INKLUSIF DALAM LINGKUNGAN BERAGAM DI SMA HARAPAN 1 MEDAN https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/206 <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pendidikan multikultural dalam mengatasi kesenjangan sosial ekonomi dan akademik serta membentuk konsep diri inklusif di SMA Harapan 1 Medan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan data diperoleh melalui wawancara dan observasi siswa dari berbagai latar belakang.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan sosial ekonomi menyebabkan terbatasnya akses siswa dari keluarga kurang mampu terhadap fasilitas pendidikan, sementara segregasi akademik menciptakan eksklusivitas yang menghambat interaksi lintas kelompok. Pendidikan multikultural melalui kegiatan kolaboratif, diskusi, dan pengembangan empati efektif mengatasi tantangan ini. Dukungan kebijakan inklusif dan keterlibatan masyarakat juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis, mempromosikan toleransi, dan mendorong kesetaraan peluang bagi seluruh siswa.</p> Ulfa Fatimah, Alya Rachma, Tifany Laura Balqis, Lora Ernanta Tarigan, Jamaludin, Sri Yunita, Oksari Anastasya Sihaloho Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/206 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 HARMONI ANTARA AGAMA DAN SAINS: REFLEKSI ATAS GAGASAN NIDHAL GUESSOUM TENTANG DIALOG AGAMA DAN SAINS https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/210 <p>Artikel ini membahas mengenai integrasi agama dan sain dalam perspektif Nidhal Guessoum. Urgensi kajian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana integrasi agama dan sains dalam perspektif Nidhal Guessoum. Hasil kajian menyimpulkan bahwa Nidhal Guessoum memberikan pandangan terhadap I’jaz al-qur’an Zahlul al-Najjar, menurut Nidhal pedoman tersebut agak trivial dan tidak fundamental, terlalu kaku secara metodologis. Selanjutnya Nidhal juga memberikan kritik terhadap integrasi agama dan sains Al-Faruqi menurut nidhal, proyek al-Faruqi yang mencari kesesuaian khazanah Islam kepada sains modern dinilai sebagai pengarahan Islam kepangkuan Barat, sehingga Islam hanya bersifat pasif, proyek Islamisasi ini dikhawatirkan akan menyebabkan penghapusan dan penyaringan pengetahuan yang dianggap tidak islami, serta proyek Islamisasi dinilai tidak sesuai dengan kenyataan sejarah paradaban Islam. Melalui teori Quantum Nidhal mengajukan suatu pendekatan untuk melakukan integrasi antara agama dan sains, yaitu tidak bertentangan, penafsiran berlapis dan falsifikasi teistik.</p> Nadhila Mastura, Amril M, Eva Dewi, Anggi Maharani Agustina Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/210 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/213 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pizza melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas III SDN 1 Ngembal Kulon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan media pizza dalam pendekatan PMRI mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, dengan 80% siswa berhasil mencapai tingkat pemahaman yang baik. Media pizza memberikan pengalaman konkret yang membantu siswa memahami pecahan melalui kegiatan interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan alat bantu yang relevan dan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.</p> Ravena Zahra Endry, Diah Ayu Putri Septiarini, Eka Zuliana Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/213 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/218 <p>Lingkungan pendidikan adalah suatu institusi atau kelembagaan tempat berlangsungnya pendidikan. Lingkungan ini sangat berguna untuk menunjang proses suatu kegiatan agar berjalan dengan baik, termasuk kegiatan pendidikan. Dalam al-Qur’an tidak dikemukakan dengan jelas tentang pengertian lingkungan pendidikan, kecuali terkait lingkungan pendidikan yang terdapat dalam praktek sejarah yang digunakan sebagai tempat terselenggaranya pendidikan, seperti masjid, rumah, sanggar para sastrawan, madrasah, dan universitas. Al- Qur’an hanya memberikan isyarat-isyarat tentang lingkungan pendidikan tersebut, yakni lingkungan keluarga, sekolah/madrasah, dan masyarakat.</p> Suswanto Nur, Abu Anwar Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/218 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN PPT BERBANTUAN CANVA PADA MATERI SEJARAH PERADABAN ISLAM DAULAH USMANI https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/220 <p>Education is the key to developing human resources and understanding history, including the discussion of Islamic civilization. The Ottoman Empire had a major impact on various fields, such as politics, social and world culture. In the digital age, education faces new challenges and opportunities, where technology enables interactive learning methods. Character education is also increasingly important for generation Z living in the era of digital environment. This study aims to develop and validate Canva-assisted PowerPoint (PPT) learning media on the material of Ottoman Islamic civilization. The method used is Research and Development (R&amp;D) with the 4-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The validation results show that the learning media meets the criteria, indicating that the design, content, and usability of the media used are very suitable for improving student understanding. The use of Canva makes the learning process more interesting and interactive. This research is expected to make a significant contribution to the development of effective learning media and enrich students' learning experience of the history of Islamic civilization.</p> <p>Keyword: Education, PowerPoint (PPT), Canva, Research and Development (R&amp;D).</p> <p>&nbsp;</p> Anni Wulandzari, Cindy Elvira Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/220 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM PERSFEKTIF FIQIH: UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/221 <p>Evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih merupakan upaya strategis untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan selaras dengan prinsip-prinsip syariat. Evaluasi ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur hasil belajar, tetapi juga menilai proses pembelajaran, metode pengajaran, dan dampak terhadap pembentukan karakter peserta didik. Dalam fiqih, evaluasi pendidikan mencakup aspek akidah, ibadah, dan akhlak, sehingga pembelajaran mampu menghasilkan individu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Dengan pendekatan ini, evaluasi menjadi instrumen penting dalam memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah. Melalui penerapan evaluasi yang berbasis fiqih, guru dan lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta merancang perbaikan yang tepat. Pendekatan ini mendorong keterpaduan antara aspek spiritual, intelektual, dan moral dalam sistem pendidikan. Selain itu, evaluasi berbasis fiqih memberikan landasan untuk menanamkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga pembelajaran tidak hanya berkualitas secara akademik, tetapi juga bermanfaat dalam membentuk generasi yang berkontribusi positif bagi masyarakat. Dengan demikian, evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan pendidikan yang tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga mendidik jiwa.</p> <p>&nbsp;</p> Halimatu Sa’diah, Chanifuddin Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/221 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATA KULIAH KONSEP DASAR SAINS BERBANTUAN ETNOID (ETNOSCIENCE ANDROID) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PGSD https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/222 <p style="font-weight: 400;">The results of the initial analysis showed that 68% of students had difficulty in identifying the application of vibration and wave concepts, even though this understanding is very important in elementary school level learning. This study aims to analyze the feasibility of teaching materials and the ability to understand the concepts of undergraduate PGSD students at Bhinneka PGRI University related to vibration and wave material designed with a scientific approach using Etnoid assistance. This research uses the 4D method developed by Thiagarajan, which consists of four main stages: (1) Defining, (2) Designing, (3) Development, and (4) Deployment. The research subjects included students of the Bhinneka PGRI University Elementary School Teacher Education Study Program, with instruments in the form of validation questionnaires by material and media experts, as well as student perception questionnaires of the modules produced. The results showed that the Etnoid-based learning module has a validity level of 92.95% which is included in the very valid category, practicality of 95% with a very practical category, and effectiveness of 0.87 which is included in the very effective category. Based on the results of the analysis, the developed Etnoid-based module was declared very feasible to use and able to improve students' science process skills.</p> Faudina Permatasari, Vindhy Dian Indah Pratika, Evi Fitriana Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/222 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMAHAMAN KONSEP PKN PADA SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/224 <p>This Systematic Literature Review aims to synthesize several published studies related to the understanding of the concept of Civics in elementary school students. Therefore, this study focuses on "Understanding the Concept of Civics in Elementary School Students". The method used is the article selection method, inclusion criteria and a more objective analysis method. In the article selection procedure, the PRISMA article selection steps, or what is known as the PRISMA flow diagram recommended for SLR, obtained 806 articles and journals. Then a review of journals related to the understanding of the concept of Civics in elementary school students was carried out so that 62 related articles were obtained discussing the understanding of the concept of Civics in elementary school students.</p> Rossy Arlinda, Zulparis Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/224 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 AKTUALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI DAN NASIONALISME PADA ANGGOTA BANSER DESA SEPAKUNG KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/180 <p>Desa Sepakung adalah bagian dari Indonesia yang memiliki masyarakat yang sangat beragam, sehingga ada potensi munculnya konflik. Oleh karena itu, pemahaman tentang toleransi dan penguatan nasionalisme sangat penting bagi masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk nilai-nilai Toleransi dan Nasionalisme; 2) Cara penerapan nilai-nilai Toleransi dan Nasionalisme; 3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai Toleransi dan Nasionalisme di Banser Desa Sepakung.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengurus dan anggota Banser. Data dianalisis dengan teknik deskriptif yang mencakup pengurangan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tahapan penelitian meliputi: 1) Menentukan masalah; 2) Mengumpulkan bahan yang relevan; 3) Menyusun strategi dan alat penelitian; 4) Mengumpulkan data; 5) Menganalisis data; 6) Melaporkan hasil penelitian.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai toleransi di Banser Desa Sepakung meliputi: a) Menghormati antar pemeluk agama dan ideologi; b) Terlibat dalam kegiatan sosial; c) Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat; d) Melaksanakan tradisi keagamaan; e) Bersedekah kepada yang membutuhkan. Sedangkan penerapan nilai-nilai nasionalisme meliputi: a) Menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam berbangsa, beragama, dan bernegara; b) Menjaga keutuhan NKRI dengan mempertahankan identitas sebagai warga negara; c) Melestarikan tradisi nusantara; d) Menolak ideologi yang merusak tatanan masyarakat; e) Mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.</p> <p>Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai toleransi dan nasionalisme adalah adanya komunikasi yang baik antara pengurus dan anggota Banser, keteladanan, serta dukungan masyarakat. Faktor penghambatnya meliputi munculnya kelompok intoleran, berkembangnya ideologi baru yang merusak tatanan masyarakat, kurangnya pengamalan Pancasila, serta ketegangan politik</p> Muhammad Abdul Gofur, Fatchurrohman Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/180 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 ANALISIS KESULITAN PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS STELLA MARIS SUMBA https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/225 <p>Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa pada program sarjana di Universitas Stella Maris Sumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan - kesulitan yang dialami mahasiswa dalam penyelesaian skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program studi Teknik Informatika yang sedang bimbingan skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke 71 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian secara umum diperoleh informasi mahasiswa mengalami kesulitan kemampuan dalam menulis karya tulis ilmiah yakni dengan persentase 60,63% termasuk kategori cukup sulit, lingkungan dan teman sebaya yakni dengan persentase 72,04% termasuk dalam kategori cukup sulit, ketersediaan sumber belajar yakni dengan persentase 54,58% termasuk dalam kategori sulit, dan proses pengolahan data dengan persentase sebesar 52,82 termasuk dalam kategori sulit.</p> <p>&nbsp;</p> Maria Wilda Malo, Roswita Sari Kaka Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/225 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS INVENTARISASI TANAMAN SEKITAR PEMANDIAN ALAM UMBUL MARIAH BANDAR SIMALUNGUN SEBAGAI PENUNJANG MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/252 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This study aims to determine whether the teaching module based on plant inventory as a support for biodiversity is feasible, practical, and effective in the learning process. This study uses the Research and Development (RnD) research method with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The instruments used in this study were interview sheets, validation sheets for material experts, media experts, and questions, questionnaires for biology teacher responses and student responses and tests. The results of this study indicate that the teaching module based on plant inventory around the Umbul Mariah Bandar natural baths that has been developed has validity in the material aspect with a percentage of 97%, in the media aspect it has a percentage of 89.5%. The practicality module from the teacher response questionnaire obtained a percentage of 100% and the practicality of the student questionnaire obtained a percentage of 92.5%. The effectiveness of the posttest and pretest results obtained an N-Gain value of 0.87 with a percentage of 87.7%. With these results, the module is declared feasible to use. Thus, the module that is expected in the future can be used in future learning and research.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords</strong>: ADDIE, Inventory, Biodiversity, Module.&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Sherly Kurniawati, Rasyidah, Syarifah Widya Ulfa Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/252 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTI KULTURAL https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/227 <p>Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar didunia. Tidak jarang kita mendengar konflik sosial, baik yang berhubungan dengan suku, ras, budaya maupun agama. Islam adalah agama yang membawa misi<em> rohmatan lil’aalamiin</em>, agama yang membawa misi perdamaian, kasih sayang, baik bagi sesama maupun seluruh alam semesta. Pendidikan Multikulturalisme menjadi hal yang wajib untuk dipelajari, dipahami dan dilaksanakan di Indonesia, terutama bagi lembaga pendidikan Islam. Pendidikan Islam yang mempunyai konsep <em>Rahmatan Lil Aalamiin</em> sudah seharusnya menjadi teladan dalam menyikapi perbedaan dalam masyarakat multikultur. Sehingga, out-put yang dihasilkan dari lembaga pendidikan tidak hanya cakap dengan disiplin ilmu yang ditekuninya, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai <em>rahmatan lil’aalamiin</em> dalam memahami dan menghargai dalam masyarakat multicultural. Kenyataan bahwa masyarakat Indonesia yang multikultural dihadapkan pada kebutuhan yang mendesak untuk merekonstruksi kembali “kebudayaan nasional Indonesia” yang diharapkan dapat menjadi “integrating force” yang mampu mengikat keragaman menjadi sebuah kesatuan yang kokoh. Masyarakat yang multikultural-multireligius, persoalan sosial keagamaan memang bukan persoalan yang sederhana. Kompleksitas hubungan sosial antar umat beragama ini dirasakan oleh seluruh elemen dalam masyarakat. Di antara idealitas keagamaan Islam sebagaimana tertulis dalam al-Qur’an adalah untuk saling mengenal dan menghormati berbagai budaya, ras, dan agama sebagai suatu realitas kemanusiaan. Akan tetapi pada saat yang sama peta dunia diwarnai konflik akibat SARA.&nbsp; Kesenjangan antara idealitas dan realitas itulah yang perlu dijembatani dengan memberikan pemahaman multikultural dalam proses pendidikan keislaman. Islam dapat menjadi pijakan bagi pendidikan multikultural tersebut.Konflik sosial yang mewarnai pasang surutnya persatuan Indonesia harus menjadi perhatian dan perlu diwaspadai oleh kemampuan manajemen politik bangsa agar tidak berkembang menjadi kekuatan yang memecah belah persatuan Indonesia. Salah satu cara strategis adalah pendidikan multikultural yang dilakukan secara aktual, cerdas, dan jujur. Pendidikan apapun bentuknya, tidak boleh kehilangan dimensi multikulturalnya, karena realitas dalam kehidupan pada hakikatnya bersifat multidimensional, dalam ajaran Islam juga banyak dijelaskan tentang multikulturalisme dan bagaimana kehidupan dan sikap multikultural pada masa Nabi dan sahabat. Demikian juga halnya manusia sendiri pada hakikatnya adalah sebagai makhluk yang multidimensional. Karena itu untuk mengatasi problem kemanusiaan yang ada, tidak bisa lain kecuali dengan menggunakan pendekatan yang multidimensional. Dan, di dalamnya adalah pendidikan multikultural.</p> Elya Susanti Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/227 Mon, 26 May 2025 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD IT CAHAYA UMMAT BONGKOK https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/241 <p>Penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar yang belum maksimal. Banyak peserta didik yang masih kurang memahami ajaran Islam, yang bisa disebabkan oleh kurangnya partisipasi mereka atau metode mengajar yang kurang menarik. Oleh karena itu, metode <em>active learning</em> dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan <em>active learning</em> dalam pembelajaran PAI di SD IT Cahaya Ummat Bongkok, serta dampaknya terhadap karakter peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Data diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI, serta hasil observasi dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan <em>active learning</em> relevan untuk diterapkan pada pembelajaran PAI, penerapan dari pembelajaran aktif tersebut berhasil dalam membentuk karakter religius, moral, dan disiplin&nbsp;pada&nbsp;peserta didik.</p> Ulinnuha Zulfa, Hidayatus Sholihah Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/241 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN IPA https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/245 <p>Praktikum&nbsp; merupakan&nbsp; salah&nbsp; satu&nbsp; kegiatan&nbsp; yang&nbsp; dapat&nbsp; dilakukan&nbsp; di laboratorium.&nbsp; Kegiatan praktikum dapat berjalan dengan baik jika didukung dengan panduan praktikum. Salah satu hambatan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pada matakuliah fisika dasar di Universitas Bhinneka PGRI adalah belum tersedianya panduan praktikum fisika dasar yang berbasis pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan panduan praktikum fisika dasar berbasis pendekatan saintifik untuk mahasiswa S1 pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI. Penelitian ini akan menggunakan model pengembangan <em>Analysis, Design, Development, Implementation Dan Evaluation </em>(ADDIE). Hasil pengembangan panduan praktikum hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil 91% dan sangat layak, hasil validasi ahli media menghasilkan presentase kelayakan sebesar 88% yang merupakan sangat layak, serta hasil respon mahasiswa terhadap panduan praktikum menunjukkan rata-rata hasilnya adalah 82,67% yang menyatakan sangat layak.</p> Alik Mustafidal Laili Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/245 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDAYA DALAM TRADISI SAKAI SAMBAIYAN SEBAGAI RESOLUSI MODERASI BERAGAMA https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/251 <div><span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Sakai Sambayan. Kemudian menganalisis aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Sakai Sambayan sebagai resolusi moderasi beragama antar suku Lampung-Bali. Fokus penelitian ini dilakukan di Sekampung Udik, Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan, termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi, secara kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa filosofi Sakai Sambayan menumbuhkan toleransi dan moderasi beragama selain memperkuat cita-cita Islam dalam kehidupan sosial masyarakat. Penekanan filosofi ini pada persatuan berfungsi sebagai alat yang ampuh untuk menjaga kerukunan sosial dan menumbuhkan hubungan yang baik di antara kelompok-kelompok agama. Oleh karena itu, aktualisasi norma-norma pendidikan Islam dalam filosofi Sakai Sambayan dapat menjadi model bagi inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Dengan memupuk kerja sama, kepedulian sosial, dan toleransi terhadap perbedaan agama, filosofi Sakai Sambayan mencontohkan cita-cita Islam termasuk iman, ibadah, dan moral.</span></div> Dina Afifah Luthfi, Ihsan Mustofa, Dedi Setiawan, Bima Fandi Asy’arie Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/251 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 MENGHIDUPKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST MELALUI METODE EFEKTIF GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI MA UNGGULAN NUR AL-JADID WARU https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/248 <p>This study aims to determine teacher activity and the extent to which student learning outcomes can increase with the application of the gallery walk model in learning Al-Qur'an Hadith for class XII MA Unggulan Nur Al-Jadid, Waru sub-district, Sidoarjo Regency for the 2024/2025 academic year. This research was prepared using the method of classroom action research (PTK), which was designed within a period of two cycles and each cycle each has four stages including a) planning (planning), b) action (acting), c) observation (observing), and d) reflection (reflecting). The research subjects were taken from class XII students of MA Unggulan Nur Al-Jadid Waru District, totaling 20 students, in the 2024/2025 school year. Instruments Teacher activity observation results and learning outcomes test questions as data used to find the shortcomings and advantages of direct work practice activities. Based on the observation data of cycle I, the overall value of the teacher activity sheet observation results from 20 students is 71.73% which is classified as good. According to the data from the second cycle observation, the teacher activity sheet showed an increase in results of 92.39% which is classified as quite high or very good. While student learning outcomes in cycle I were 14 students with a complete description who had a classical completeness presentation value of 70%, but had an unfinished category. Continued in cycle II, where 19 students with a percentage of classical completeness of 95% had a complete category. The increase in teacher activity and student learning outcomes during the learning process with the use of the gallery walk learning approach by causing student learning achievement to increase, thus the improvements made over 2 cycles are considered to have achieved the expected success indicators.</p> Firda Nuriyah, Istifaiyyatul Qudsi, Ilham Abimanyu, Rizky Agustina Aulia, M. Sholehuddin Sulaiman Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/248 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS GAME WHO AM I DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA UNGGULAN NUR AL JADID WARU, SIDOARJO https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/247 <p><em>This research aims to investigate the effectiveness of the educational game Who Am I in improving students' memory and understanding of the subject of Islamic Cultural History (SKI) at MA Unggulan Nur Al Jadid, Waru, Sidoarjo. The approach method uses a qualitative case study, and 15 eleventh-grade students who have difficulty understanding Islamic Cultural History (SKI) material were made the subjects of the research. Data were obtained through observation, interviews, tests, and documentation. Learning was conducted in two cycles using the Who Am I game designed to identify figures of Islamic reform and their ideas. The research results show that the implementation of the Who Am I game significantly improved students' memory and understanding. The enthusiasm and participation of students in the learning process increased, as evidenced by the rise in participation and better test results in each cycle. The elements of competition and challenge in the game have proven effective in motivating students to learn more deeply. Thus, the game Who Am I can be used as an enjoyable and effective alternative learning method to enhance the quality of SKI education.</em></p> Alfi Akhsanul Haq , Nur Sa’adatut Daraini, Sholehuddin Sulaiman, Nizam Ramadhan Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/247 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/256 <p>Pada era globalisasi digital, tuntutan di berbagai bidang kehidupan manusia semakin meningkat, tak terkecuali di bidang pendidikan. Tujuan pendidikan bukan sekadar pencapaian akademik saja, tetapi juga keterampilan sosial emosional peserta didik. Namun, dalam praktiknya Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) belum terintegrasi secara optimal dalam pembelajaran, khusunya pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi PSE dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan secara tematik dengan mengeksplorasi integrasi PSE dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini meliputi 1) pelajaran bahasa Indonesia sebagai wahana integrasi PSE, 2) strategi integrasi PSE, 3) contoh integrasi PSE dalam materi menganalisis puisi kelas X, dan 4) dampak integrasi PSE. Penelitian ini menunjukan bahwa pelajaran bahasa Indonesia dapat menjadi wahana integrasi PSE secara efektif melalui empat keterampilan berbahasa. Penelitian ini diharapkan memperkaya khazanah dan menjadi inspirasi guru dalam merancang pembelajaran yang bermakna.</p> Egi Nur Aini, Leli Nisfi Setiana, Meilan Arsanti Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/256 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 KAIDAH BAHASA DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR'AN https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/265 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>The interpretation of the Al-Qur'an is a scientific endeavor that requires a profound mastery of Arabic linguistic rules to accurately comprehend the messages of revelation. This study explores the linguistic principles underlying Al-Qur'an interpretation, including the use of pronouns (isim dhamir), the distinction between definite (ma’rifah) and indefinite (nakirah) nouns, singular (mufrad) and plural (jama’) forms, and the concept of synonyms that are often misunderstood. The research discusses the importance of understanding nouns (isim) and verbs (fi’il) in terms of time, attributes, and meaning. A qualitative descriptive approach is employed to analyze data from Al-Qur'an verses and tafsir literature. The findings reveal that mastery of linguistic principles not only enhances the accuracy of interpretation but also ensures the relevance of the Al-Qur'an message in modern contexts. This study makes a significant contribution to the development of Al-Qur'an exegesis, particularly in fostering a comprehensive and structured hermeneutics of the Al-Qur'an.</p> Sukron Jamil, Alwizar Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/265 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/235 <p style="font-weight: 400;">This research aims to evaluate the effectiveness of using concrete object media in improving student learning outcomes at SD Negeri Alalak Selatan 4 Banjarmasin. The research was conducted in class V and used pre-test and post-test techniques to collect data. The test is given in the form of essay questions that cover integer arithmetic operations. The research results show that there is no significant influence from the use of concrete object media on student learning outcomes. Although there was an increase in learning outcomes after treatment with this media, the difference was not significant. Statistical analysis using the t-test shows that the tcount value is smaller than the ttable value, so the hypothesis is rejected. In conclusion, the use of concrete object media has not had a significant impact on student learning outcomes due to the possibility of students' lack of habits and skills in using this media.</p> Muhammad Supian Sauri, Novi Nurdian Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/235 Tue, 27 May 2025 00:00:00 +0700 OTORITAS WAHYU SEBAGAI UKURAN KEBENARAN DALAM KONSEPSI TEOLOGI https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/255 <p>Tulisan ini mengkaji apa yang menjadi problem utama manusia dalam memahami Tuhan, yaitu adanya perbedaan-perbedaan persepsi. Tulisan ini bertujuan untuk menampilkan bahwa Islam memiliki tolak ukur yang rasional dalam mempersepsikan Tuhan dengan mengunakan wahyu sebagai sumber yang logis otoritatif. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang memanfaatkan studi pustaka (library research) dan analisis teks dari sumber-sumber primer seperti Al-Qur’an, Hadis, serta literatur klasik dan modern terkait teologi Islam, maka tulisan ini memaparkan konsep ketuhanan dalam agama Islam. Hasilnya ditemukan konsep ketuhanan secara transinden dan imanen berdasarkan penjelasan Tuhan sendiri melalui wahyu yang jauh dari persepsi manusia. Konsep itu berimplikasi secara social dan moral dalam kehidupan.</p> Ibnu Ali Rusdi, Moh Soheh, Mujiburrahman Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/255 Wed, 28 May 2025 00:00:00 +0700 MA’RIFATUN NIKAH RELASI SUAMI ISTRI https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/266 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki konsep ma’rifatun nikah dalam konteks&nbsp; relasi suami istri dalam Islam. Ma’rifatun nikah merupakan pemahaman yang mendalam tentang insitusi pernikahan,yang mencakup aspek spiritual, sosial dan psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literature dan analisis teks Islam yang relevan.</p> <p>Studi ini mengeksplorasi konsep ma’rifatun nikah sebagai landasan untuk memperkuat hubungan suami istri. Fokus utama penelitian adalah pada pemahaman terhadap hak dan kewajiban masing-masing-masing pasangan serta bagaimana membangun komunikasi yang efektif dan pemahaman yang mendalam dalam pernikahan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi pasangan untuk meningkatkan kualitas dan keberkahan dalam pernikahan mereka.</p> Yuli Nur Aini, Nova Andriyani, Rofi’ah Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/266 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700 THE EFFECT OF LITERACY PROGRAMMED TOWARD STUDENTS’ READING INTEREST IN ELEMENTARY SCHOOL https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/264 <p>Literacy programed give positive effect toward students’ reading interest. The research aimed to find out the effect of Literacy Programmed toward Students’ Reading Interest in Fourth and Fifth Grade at Public Elementary School of 010 Tembilahan Hulu. This research was quantitative research. The participants consisted of 25 students. It took by using random sampling technique. Data collection used questionnaires, and documentation. The data analyzed using simple linear regression. The results showed that the Fhitung 14,66 ≥ Ftabel 4,28, so Ha is received and H0 is rejected. It means that there is a significance effect between literacy program of reading fifteen minutes before learning toward Students Reading Interest at Public Elementary School of 010 Tembilahan Hulu. The results suggest that school should have fixed schedule for visiting library as a part of literacy program which help students achieve reading interest.</p> Della Oktafiana Akhani, Martina Napratilora, Seri Yanti Siagian Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/264 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700 PEMIKIRAN PENDIDIKAN MASA BANI UMAYYAH DAMASKUS (661-750M) https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/269 <p>Pemikiran Pendidikan Masa Bani Umayyah (661-750 M) menggambarkan periode transisi yang penting dalam sejarah pendidikan Islam. Studi ini menggunakan metode kajian literatur untuk mengeksplorasi karakteristik pendidikan, tempat-tempat pendidikan, dan perkembangan pemikiran pendidikan pada masa tersebut. Dinasti Umayyah, meskipun awalnya dianggap negatif oleh sejarawan, memiliki dampak signifikan dalam perkembangan pendidikan Islam. Pendidikan pada masa ini mencerminkan identitas Arab dan Islam yang kuat, dengan fokus pada pembelajaran Al-Quran, sastra Arab, ilmu-ilmu agama, dan bahasa Arab. Tempat-tempat pendidikan seperti khuttab, masjid, majelis sastra, pendidikan istana, badiah, perpustakaan, rumah sakit, serta pemikiran pendidikan yang tercermin dalam nasihat-nasihat khalifah dan tulisan ulama, semuanya membentuk landasan penting bagi perkembangan pendidikan Islam. Meskipun ada kendala politik dan sosial, masa Bani Umayyah memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemikiran pendidikan Islam yang menjadi dasar bagi masamasa yang akan datang.</p> Sulastri, Nasrun Harahap, Faridah, Azlina, Azizah Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/269 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700 ZAKAT ONLINE DAN PEMBERDAYAAN MUSTAHIK: TINJAUAN AGAMA DAN MANFAAT SOSIAL EKONOMI https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/262 <p>Zakat adalah instrumen penting dalam sistem ekonomi Islam yang berfungsi mendistribusikan kekayaan kepada yang membutuhkan. Namun, pengelolaan zakat sering menghadapi tantangan, seperti transparansi yang kurang, ketidaktepatan sasaran, dan lemahnya monitoring mustahik. Transformasi digital melalui zakat <em>online</em> menjadi solusi potensial untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan zakat, terutama dalam pemberdayaan mustahik. Penelitian ini memanfaatkan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi pada berbagai literatur terkait zakat <em>online</em>. Hasilnya menunjukkan bahwa zakat <em>online</em> mempermudah pengumpulan dan distribusi zakat secara transparan serta berpotensi meningkatkan kesejahteraan mustahik melalui program pemberdayaan. Namun, literasi digital mustahik dan keamanan data menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, diperlukan edukasi digital dan penguatan regulasi keamanan data.</p> Nadine Aulia Putri, Sara Mulyani , Fikhar Afzal Aleem , Shada Alayya Putri Ryon , Iklasyani Wening Pangastuti , Desy Putri Faizah , Radithya Pratama Zahran Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/262 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700 HUKUM JASA PENUKARAN UANG SAAT MENJELANG LEBARAN https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/263 <p>Penelitian ini membahas larangan perdagangan uang dalam Islam, khususnya dalam konteks praktik penukaran uang yang marak terjadi menjelang hari raya. Dalam perspektif hukum Islam, perdagangan uang (al-sharf) diatur secara ketat untuk menjaga keadilan, menghindari unsur riba, gharar (ketidakjelasan), dan spekulasi. Melalui kajian literatur dan pendekatan normatif, penelitian ini menguraikan dua bentuk riba utama, yaitu riba nasī’ah dan riba faḍal, yang keduanya dilarang keras dalam Al-Qur’an dan hadis. Riba nasī’ah melibatkan tambahan pembayaran karena penundaan waktu pelunasan utang, sedangkan riba faḍal terjadi karena adanya tambahan pada pertukaran barang sejenis yang tidak seimbang. Praktik-praktik ini dinilai mengeksploitasi pihak yang lemah secara ekonomi dan bertentangan dengan prinsip keadilan Islam.&nbsp; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan sebagai metode utama pengumpulan data. Analisis dilakukan melalui teknik analisis isi terhadap berbagai literatur dan sumber tertulis yang relevan. Studi ini menekankan pentingnya membedakan antara transaksi jual beli yang sah dan transaksi ribawi, serta perlunya edukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak dalam praktik keuangan yang merugikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa larangan riba bertujuan untuk menciptakan sistem ekonomi yang etis, berkeadilan, dan penuh ketenteraman baik di dunia maupun di akhirat.</p> Ismail, Retno Sukmaning Ayu , Reva Audisya , Septi Nuralya , Nazhif Farhansyah Prasetyo , Anisa Septia Rahma Putri , Selviana Martha Arinda , Dwi Ega Siyavirani Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/263 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700 DIRASAH EL-BADR : STRATEGI PENGUATAN TRADISI KEILMUAN ASATIDZ PESANTREN PERSIS AL-ASMA SUMEDANG https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/250 <p><em>This research aims to explore strategies for strengthening scientific traditions among the Asatidz of the Persis Al-Asma Sumedang Islamic Boarding School through the Dirasah El-Badr program. A descriptive qualitative approach was used in this research to understand the dynamics and effectiveness of the strategies implemented in the program. Data was collected through in-depth interviews with Asatidz, participatory observation during program implementation, as well as analysis of related documents. The research results show that Dirasah El-Badr is important in improving Asatidz's scientific competence through a comprehensive and continuous learning approach. This program strengthens scientific traditions because Asatidz are conditioned to continue learning by studying various Islamic literature and are used to writing thought constructions and discussing by arguing while still prioritizing adab. The challenges faced include limited resources, a busy schedule of activities, and the need to increase the number of libraries (maraji) in the form of classical books and books on contemporary Islamic studies. This research suggests increasing supporting facilities, increasing time allocation for scientific activities, and literature (maraji) in the form of classical Islamic books and books on contemporary Islamic studies. It is hoped that the findings of this research can provide practical guidance for other Islamic boarding schools that wish to strengthen scientific traditions among Asatidz.</em></p> Agus Susilo Saefullah Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/250 Wed, 04 Jun 2025 00:00:00 +0700 PERAN PENYULUH AGAMA HONORER DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DAN SOSIAL MASYARAKAT DI DESA BUKIT INDAH KECAMATAN RAKIT KULIM https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/272 <h2>Peneliitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh adgama honorer dalam meningkatkan kesadaran beragama dan sosial masyrakat di Desa Bukit Indah Kecamatan Rakit Kulim. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaluli observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluh agama honorer berperan sebagai pendakwah, mediator, dan fasilisator dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ajaran agama serta mendorong partisipasi sosial. Kendala utama yang di hadapi adalah terbatasnya fasilitas dan waktu namun demikian keberadaan penyuluh agama mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan keagamaan dan sosial secara signifikan.</h2> Rahmad Sholeh Hudin, Muhammad Yazid Fauzi, Nurarifah Aini Copyright (c) 2025 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/272 Wed, 04 Jun 2025 00:00:00 +0700