PENGARUH PERAN GURU DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.130Keywords:
Peran Guru, Dorongan Orang Tua, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel peran guru dan dorongan orang tua terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 37 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang yang diambil secara purposive sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan atas dasar pertimbangan tertentu dari peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai t hitung = 0.413 < t tabel = 2.018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,682 > 0,05. Sedangkan variabel dorongan orang tua secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung = 3.794 > t tabel = 2.018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan peran guru dan dorongan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP 37 Medan dengan nilai Fhitung = 7.553 > Ftabel = 3.22 Adapun peresentase pengaruh tersebut sebesar 26,5%. Hasil ini juga menjelaskan bahwa semakin besar peran guru dan dorongan orang tua maka semakin besar pula motivasi belajarnya begitupun sebaliknya. Siswa dengan peran seorang guru dan dorongan orang tua yang besar cenderung akan membuat siswa merasa termotivasi untuk lebih giat dalam belajar.
References
Laila, Q. N. (1974). Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura.
Mahathir. (2020). Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa. Academia.Edu. https://www.academia.edu
Mujiburrahman, & Raseuki, G. (2024). Kredibilitas Guru PAI di Masa Pandemi Covid-19: Studi di SMP Negeri 2 Bate Kabupaten Pidie. Fathir: Jurnal Studi Islam, 1(1), 84–99.
Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155.
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Syaodih, S. N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.
Vinorita, D., & Muhsin. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Komunikasi Guru, Pemberian Reward, dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 553–567. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Yurniati, D., Syofyan, E., & Usman, M. (2019). The Effect of Teacher’s Role, Learning Motivation and Students’ Creativity toward Learning Outcome on Workshop and Entrepreneurship’s Subject of XI Grade Students in Management Business Vocational School. 64, 287–299. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.103