PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PEKANBARU

Authors

  • Alya Mardatillah. B Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nasir Za'ba Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.106

Keywords:

Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Motivasi belajar dan keharmonisan keluarga merupakan faktor penting dalam pembentukan kualitas pendidikan siswa. Kurangnya motivasi belajar dan ketidakharmonisan keluarga dapat berdampak negatif pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara keharmonisan keluarga dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui angket yang berfokus pada variabel keharmonisan keluarga dan motivasi belajar siswa, dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Meskipun terdapat hubungan linear antara kedua variabel tersebut, namun pengaruhnya tidak signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain mungkin turut memengaruhi motivasi belajar siswa dalam konteks yang diteliti. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa, khususnya dalam konteks keharmonisan keluarga dan mata pelajaran PAI. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan faktor-faktor lain yang juga dapat memengaruhi motivasi belajar siswa, serta perlunya pengembangan pendekatan yang lebih holistik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

References

Ahmadi, A. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dina, (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang , p. 16.

Djamarah. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).

Fauzi, A. (2004). Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media.

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 10(2).

Idain, M. (2015). Pesan Pesan Rasulullah Untuk Membangun Keluarga Samara. Yogyakarta: Araska.

Junaidin. (2020). Psikologi Umum. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Meichiati. (2014). Membangun Keharmonisan Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Muhaemin. (2013). Urgensi Motivasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Adabiyah, Vol. XIII, No. 1.

Muhammedi, d. (2017). Psikologi Belajar. Medan: Larispa Indonesia.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Gorontalo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung.

Ghazaly, Ahmad. (2010). Langkah Menuju Keluarga Yang Harmonis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djarwo, Catur Fathonah. (2020). ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA KOTA JAYAPURA. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Vol. 7. No. 1.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Alya Mardatillah. B, Risnawati, & Nasir Za’ba. (2024). PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PEKANBARU. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1223–1237. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.106