IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Authors

  • Rezzi Yanti Naimah
  • Risnawati
  • Nasir Zaba

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.111

Keywords:

Model pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, guru menggunakan metode yang monoton, siswa yang kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran Numbered Head Together dan apakah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Jumlah populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pairet sample t-test . Berdasarkan hasil paired sample t-test diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

 

References

Drajat, Manpan dan Ridwan Effendi, (2017). Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Huda, Miftahul, (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Edisi : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, pp. 132–139).

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. Retrieved from

Triwiyanto, Teguh, (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yendri Wirda, dkk, (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Rezzi Yanti Naimah, Risnawati, & Nasir Zaba. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM . Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1107–1115. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.111