TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.284Keywords:
Tujuan, Perspektif Al-Qur’an , Pendidikan Agama IslamAbstract
Pendidikan agama islam merupakan pondasi yang sangat penting dalam kehidupan Umat Islam berupaya menciptakan manusia yang bermoral baik dan mengikuti petunjuk Allah SWT. Tujuan pendidikan dibahas dalam artikel ini dari sudut pandang Al-Qur'an. yang diyakini sebagai pedoman hidup bagi umat muslim. Dengan memahami tentang tujuan pendidikan islam, umat islam dapat memahami secara mendalam tentang pendidikan agama dalam pandangan al-qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui pengambilan dari penelitian sebelumnya seperti jurnal, buku dan sembr lainnya yang relevan dan sesuai dengan topik pembahasan. Teknik analisanya menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan dari topik pembahasan ini bahwa didalam Al-Qur'an menekankan bahwa tujuan pendidikan islam yaitu menyucikan jiwa dan mengembangkan akhlak mulia, mengembangkan ilmu pengetahuan dan hikmah, membangun karakter dan kepribadian yang baik, menghargai dan menghormati orang lain.
Kata Kunci : Tujuan, Pendidikan Agama Islam, Perspektif Al-Qur’an
References
Ahyat, Nur. “EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31.
Arif, Khairan Muhammad. “ANALISA KONSEP DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM Epistimologi Secara Bahasa Dan Istilah-Istilah Yang Terkait Dengan Pendidikan , Definisi-.” Jurnal Pendidikan Silam 5, no. 1 (2022): 22–35.
Anwar, Cecep. Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Ilmiah Research Student, Vol. 1, No. 2 November 2023, hal. 289-290
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi.” Urnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 17, no. 2 (2019): 79–90.
Nabila, Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 5 Mei 2021, hal. 871
UUD Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003
Ramayulis Dan Mulyadi, Manajemen Dan Kepemimpinan Kependidikan Islam, (Jakarta Pusat: Kalam Mulia Jakarta, 2017) hal 6
Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana,2020) hal. 20-22
Kharisma Noor Latifatul Mahmudah, Paradigma Pendidikan Islam Dalam Persepektif Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 129 dan 151, Jurnal Tarbawi Pendidikan Agama Islam Volume 05 No. 02,Juni-Desember 2020 hal. 150 dan 157
Abudl Fatah Dan Abdul Karim, Paradigma Tafsir Amali : Dari Teosentris Ke Antroposentris, Jurnal Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir Volume 15 Nomor 02 2021 hal. 329-330














