IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SEBERIDA
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.181Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Budi PekertiAbstract
Pembaruan kurikulum pendidikan merupakan tindakan penting untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan menyesuaikan sistem pendidikan dengan kebutuhan dan tantangan zaman modern. Kurikulum merdeka menghadirkan pendekatan yang lebih fleksibel. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan potensi tiap peserta didik, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar dengan cara yang lebih sesuai dengan kemampuan dan kecenderungan pribadi mereka.
References
Abdul Mujib, Ilmu pendidikan islam. (Jakarta: Kencana, 2017)
Harteti Jasin H, “Implementasi Guru Terhadap Model Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 di SDN 4 Ponelo Kepulauan”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (Novmber, 2021)
Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Alfabeta, 2012
Ina Magdalena, Azza Salsabila, Diah Ajeng Krianasari, Shabira Fairuza Apsarini, “Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Sindangsari III”, Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 3, No.1. (November, 2021)
Mulyadi, Implementasi kebijakan, (Jakarta:Balai Pustaka, 2015)
Muliadi Mokodompit, Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter, (Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023)
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
Moh. Nur Hasan, “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah”, Journal Edukasi.
Piloting Min 2 Bantul Yogyakarta”, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, (2021).
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, Prihantini, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak” Jurnal Basicedu, Vol.6, No.4 (2022), hlm. 6318
Nur Zakiyah, Muh. Wasith Achadi, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah
Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2008).
Siti Mustaghfiroh, “Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol.3, No. 1, (Maret, 2020).
Syamsul Huda Rohmadi, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. (Yogyakarta: Arsaka, 2012)
Yusuf Sabilu, Jafriati, Asnia Zainuddin, Zainab Hikmawati, Implementasi Program Gerakan Masyarakat (GERMAS) di Kota Kendari, (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022)
Yogi Anggraena, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah, (Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022
Yudi Imana, Alhamdulillah Aku Hafal Al-Qur’an,Cet. II, (Bandung:LP2TQ Baitul Qur‟an, 2015).
Ziaggi Fadhil Zahran, Implementasi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. Retrieved Agustus 23, 2023, from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/implementasi/