PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP SEJARAH, JURNAL SEJARAH DAN KEBUDAYAAN KELAS VII MTS ISIQOMAH SALENSEN
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.144Keywords:
Pembelajaran Inkuiri, Konsep Sejarah, Kebudayaan KelasAbstract
Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan memahami warisan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu. Pendidikan formal yang dilakukan oleh seorang pendidik mesti memiliki strategi supaya pembelajaran itu tidak terkesan monoton. Tanpa adanya strategi bisa saja pelaksanaan itu tidak terlaksana secara kondusif. Di antara pelajaran yang menarik untuk dieksplorasi adalah Sejarah Kebudayaan Islam.
Penerapan strategi pembelajaran Inquiry dilakukan dalam beberapa tahap yang terstruktur: Penetapan Tujuan Pembelajaran: Menetapkan tujuan yang jelas untuk memahami konsep-konsep utama dalam Sejarah Kebudayaan Islam dan mengembangkan keterampilan analisis siswa. Perencanaan Kegiatan: Guru merancang serangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan penyelidikan, diskusi kelompok, eksplorasi sumber daya, dan presentasi.
Pelaksanaan Pembelajaran: Melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun, memfasilitasi diskusi, memberikan bimbingan, dan memonitor progres siswa.
Evaluasi dan Refleksi: Melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa melalui penugasan, proyek, atau ujian, serta merefleksikan proses pembelajaran untuk identifikasi area yang perlu diperbaiki.
References
Bilal, R. Pembelajaran Inkuiri dan Pemahaman Konsep Sejarah. Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 2019
Donald A. RitchieJudul Buku, Doing Oral Histor, Oxford University Press
Jerome Bruner, Nama Buku, The Process of Education, Penerbit: Harvard University Press
Jerome Bruner. The Process of Education. Cambridge: Harvard University Press, 1960.
Keith C. Barton dan Linda S. Levstik. Teaching History for the Common Good. New York: Routledge, 2004.
Peter N. Stearns, Meaning Over Memory: Recasting the Teaching of Culture and History, The University of North Carolina Press.
Peter Seixas dan Tom Morton,The Big Six Historical Thinking Concept, Nelson Education
Peter Seixas dan Tom Morton. "The Big Six Historical Thinking Concepts." Jurnal Curriculum Inquiry 41, no. 2 (2011)
Salahuddin, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Inquiry dalam Konteks Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Sejarah,2020
Sam Wineburg. Historical Thinking and Other Unnatural Acts: Charting the Future of Teaching the Past. Philadelphia: Temple University Press, 2001.
Susie Hakansson. "Inquiry-Based Learning in the History Classroom." Social Studies Review, 2009