IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-WARDAH TEMBUNG

Authors

  • Hanif Al Ghiffari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Evy Juliani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aisyah Fadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Salwa Putri Verhan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.129

Keywords:

Perencanaan, Pendidikan, Meningkatkan mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis Perencanaan pendidikan yang ada di MTS Al-Wardah tembung dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga madrasah ini dapat mengikuti perkembangan pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTS Al-Wardah telah menerapkan pendekatan perencanaan pendidikan yang baik dengan mengadopsi kurikulum merdeka, meskipun baru diterapkan pada kelas VII. Para guru aktif mengikuti pelatihan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menguasai teknologi pendidikan. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya perekonomian siswa yang menghambat pembayaran administrasi sekolah dan pelaksanaan ujian berbasis online karena sebagian siswa tidak memiliki handphone android.

References

Azmi, Lailatul. (2018). Kualitas dalam Pendidikan. Penerbit Universitas Terbuka.

Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119-126.

Cikka, A. (2020). Mutu dan Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadlillah, M. (2021). Peraturan dan Implementasi Mutu Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Idris, I. (2020). Perencanaan Pendidikan dalam Konteks Desentralisasi Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).

Rahmadani, N., Herwadi, N. S., & Wijaya, C. (2019). Siklus perencanaan pendidikan. IV (1), 13-23.

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 47.

Sahnan. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Soemantri, S. (2014). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. (IRCiSoD; Yogyakarta, 2015). 23.

Yulia Rizki Ramadhani. (2021). Mutu Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Penerbit Deepublish.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Hanif Al Ghiffari, Evy Juliani Siregar, Aisyah Fadillah, Salwa Putri Verhan, & Rizki Akmalia. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-WARDAH TEMBUNG. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1377–1383. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.129