PELAKSANAAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 4 KOTA MEDAN

Authors

  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Geniza Aidilla Syuaira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Adinda Julia Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Anisah Aruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Said Hasian Simanjuntak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.127

Keywords:

Fungsi Manajemen, Mutu Pendidikan, POAC

Abstract

Pelaksanaan fungsi manajemen sangat penting untuk mengatur semua kegiatan, baik kegiatan formal maupun informal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek kepala sekolah, wkm kurikulum, dan wkm kesiswaan. Sebuah lembaga pendidikan membutuhkan kebaikan perencanaan manajemen. Layak tidaknya sebuah lembaga pendidikan ditentukan oleh bagaimana pelaksanaan fungsi manajemen di lembaga pendidikan. Manajemen yang baik tentunya mengacu pada fungsi-fungsi manajemen itu sendiri, dimana fungsi yang dimaksud tidak lain adalah POAC. Manajemen harus diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan karena dengan menerapkan aspek manajemen seperti merencanakan, mengatur, menggerakkan, dan mengendalikan, kualitas lembaga pendidikan dapat ditingkatkan karena pelaksanaan fungsi manajemen secara terencana, sistematis, berkelanjutan dan mencapai tujuan yang telah dibuat dalam hal ini lembaga pendidikan dapat mencapai standar mutu pendidikan yang telah ditentukan.

References

Amrullah Aziz, Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Studi Islam,Volume 10, No. 2 Desember 2015.

Bidah Sari, WKM Kurikulum MIN 4 Kota Medan, Wawancara, 29 Mei 2024.

Fatmawati, f., Sutrisno, S., & Firdhausy, H. S (2019). Penerapan Fungsi Manajamen pada Progam Usaha Kesehatan Sekolah Menengah Pertama. HIGIEA (Journal of Public Healt Research and Development).

Geogrge R. Terry, Prinsip-Prinsip Manajamen, Jakarta : PT Bumi Aksara

Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.

Mualim, Kepala Sekolah MIN 4 Kota Medan, Wawancara, 29 Mei 2024.

Nana Syaodih Sukmandinata, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Konsep, Prinsip, dan Instrumen, Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Sagala Syaiful, Manajamen Stategi Meningkatkan Mutu Pendidikan, Cet, V ; Bandung : Cv. Alfabeta, 2011.

Sari, W,. & Marlini, M. (2012). Penerapan Fungsi Manajamen Dalam Pengelolahan Perpustakaan di SMK Tamansiswa Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1).

Suryosubroto, Manajamen Pendidikan Sekolah, Jakarta: PN Rineka Cipta, 2003

Wibowo, Agus. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Ziaulhaq Muhammad, ”Pengaruh Penerapan Fungsi-Fungsi Manjemen Terhadap KinerjaGuru di SD Inpres Bakung Kel. Samata Kec. Somba Opu Kab. Gowa”, Skripsi (Makapssar:Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2015).

Zubaidah, WKM Kesiswaan MIN 4 Kota Medan, Wawancara, 29 Mei 2024.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Amiruddin Siahaan, Geniza Aidilla Syuaira, Adinda Julia Putri, Anisah Aruan, & Said Hasian Simanjuntak. (2024). PELAKSANAAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 4 KOTA MEDAN. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1352–1358. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.127