PENGUATAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU PEMULA

Authors

  • Leni Fitrianti

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Guru Pemula

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap pendidik selama dan setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu dan bagaimana hasil belajar yang mereka dapatkan. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan berpegang pada prinsip-prinsip evaluasi yang telah ditetapkan. Selain itu, Tes Hasil Belajar (THB) yang telah diujikan perlu dilakukan analisis untuk menentukan kualitasnya. Baik atau tidaknya suatu THB hanya dapat ditentukan dengan cara melakukan analisis terhadapnya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru pemula khususnya, dan calon guru pada umumnya agar dapat melakukan evaluasi pembelajaran yang baik sesuai dengan prinsip-prinsipnya. Adapun hasil kegiatan ini menunjukan peserta memiliki pemahaman yang baru terkait evaluasi yang ideal. Selain itu, peserta juga mau berusaha melakukan tugas analisis THB meskipun belum terlalu terampil.

References

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Elis Ratnawulan dan Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. (2012). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Leni Fitrianti. (2023). PENGUATAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU PEMULA . Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 838–849. Retrieved from https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/82

Most read articles by the same author(s)