STRATEGI RIJALUL ḤISBAH DALAM PENANAMAN KESADARAN SHOLAT BERJAMAAH DI MASJID PADA SANTRI PESANTREN ISLAM AL IRSYAD TENGARAN

Authors

  • Nardi UIN Salatiga
  • Maslihatul Umami UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.150

Keywords:

Strategi, Penanaman Kesadaran, Shalat Berjamaah di Masjid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Rijalul Hisbah atau bagian-bagian ibadah di Pondok Pesantren Jam’iyah Ṭalabah’ (OSIS) Al Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang, serta hambatan dan solusi dalam menanamkan rasa shalat berjamaah di kalangan santri.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah para wali Rijalul Hisbah, ketua Rijalul Hisbah dan beberapa santri Pondok Pesantren Al Irsyad Tengaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Rijalul Hisbah menerapkan beberapa strategi untuk menanamkan kesadaran di kalangan santri dalam melaksanakan shalat berjamaah di masjid, antara lain (1) strategi pembiasaan, (2) strategi sugesti, (3) strategi pemberian hadiah, dan (4) strategi hukuman. Dalam perjalanannya, strategi pembiasaan menghadapi kendala berupa menurunnya semangat dan stres di kalangan siswa senior. Pada saat yang sama, hambatan terhadap strategi konseling meliputi keterbatasan waktu, kesulitan menemukan konselor yang cocok, dan rendahnya motivasi siswa untuk menerima nasihat. Hambatan terhadap strategi punitif adalah adanya peraturan yang mengatur syarat-syarat hukuman bagi siswa. Solusi yang dilakukan Rijalul Hisbah dalam strategi pembiasaan adalah dengan memberikan nasihat kepada anggota yang kurang termotivasi dan mencari bantuan kepada pengurus asrama. Pada saat yang sama, strategi nasihatnya adalah memberikan nasihat langsung kepada pelanggar dan membentuk departemen khusus untuk menangani nasihat tersebut. Solusi dari kendala strategi hukuman adalah dengan memberikan hukuman sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pihak pondok pesantren dengan disaksikan pengawas Rijalul Hisbah. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, maka proses penyadaran akan salat berjamaah di masjid berjalan sesuai harapan, terbukti dengan sebagian besar santri yang sadar salat berjamaah di masjid dan tidak terlambat

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Kudus: Prakarsa Pedagogik.

Al-Qohthoni, S. b. (1424 H). Manzilatu ash Shalat Fil Islam. Riyadh: Kementrian Agama, Wakaf dan Dakwah .

Artini, B. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Jurnal Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth , 7 (1), 45.

Atika Oktaviani Palupi, E. P. (2013). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kenakalan Remaja. Educational Psychology Journal , 2 (1).

Azizah, D. N. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Kebiasaan Sholat Berjamaah pada Siswa di MTs Miftahul Ulum Leces Kabupaten Probolinggo. Islamika , 5 (2), 687.

Baharuddin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Baihaqi. (1996). Fikih Ibadah. Bandung: M2S Anggota IKAPI.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. Ri'ayah , 01 (02), 231-240.

D.David, F. (2002). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Prenhalindo.

Daradjat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Darussalam, A. (2016). Indahnya Kebersamaan Dengan Shalat Berjamaah. Jurnal Tafsere , 04 (01), 25.

Defri Ramadhan, R. S. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Shalat Dhuhur Berjamaah Pada Siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Alsys: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan , 3 (5), 557-568.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrussalam, H. (2022). Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar , 6 (2), 354.

Fatmawati, A. A. (2022). Strategi Gru Fiqih dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa. Walada: Jurnal Of Primary Education , 1 (2), 52.

Gunarsa, S. (1992). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni, I. A. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalan Perspektif Pemikiran Tokoh-tokohnya. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hardi, B. (2005). Strategi Menejemen, Startegi Memenangkan Perang Bisnis. Malang: Bayu Publishing.

Hawwas, A. A. (2009). Fiqh Ibadah. Jakarta: Amzah.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim, A. (1989). Perilaku Organisasi. Bandung : Sinar Baru Bandung.

Ilyas, M. (2021). Hadis tentang Keutamaan Shalat Berjamaah. Jurnal Riset Agama , 1 (2), 254.

Izzah, I. Y. (2011). Perubahan Pola Hubungan Kiai dan Santri Pada Masyarakat Muslim Tradisional Pedesaan. Jurnal Sosiologi Islam , 1 (2), 31-48.

Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan di SDTQ An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al Madrasah , 4 (1), 77-99.

Junedi, & Wahidin. (2022). Implementasi Pembelajaran Buku Pengasuhan Berbasis Muslim Peduli Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Siswa. Cendekia, 1(1). https://doi.org/10.37850/cendekia

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Strengthening Morals for Santri Through the Book of Ta’lim Muta’allim. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 171 182. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/santri.v3i2.519

Junedi, J., As’ari, A. H., & Nursikin, M. (2022). Penguatan Akhlak melalui Kitab Ta’lim Muta’alim bagi Santri Pondok Pesantren. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(2), 46-53. https://doi.org/10.55352/uq.v17i2.643

Junaidah, J. (2015). Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam , 6 (1), 118-183.

Khotimah, K. (2014). Hukuman dan Tujuannya dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi dan Keagamaan , 1 (2), 5.

Latipah, I. (2016). Implementasi Metode Al-Hikmah, Al Mau'idhoh Al Hasanah dan Al Mujaadalah dalam Praktek Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha , 3 (2), 33.

Madjid, M. (2023). Upaya Guru Fiqih dalam Pembiasaan Shalat Berjamaah Bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah. JIPDAS: Jurnal Ilmial Pendidikan Dasar , 1 (3), 138-147.

Madjid, N. C. (1995). Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Mahmudiyah, A. (2021). Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. Zahra , 2 (1), 1-15.

Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: al Ma'arif.

Mubarok, R. (2015). Pendidikan Humanis John Dewey dalam Perspektif Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2 (1), 3.

Muhyiddin.Salahudin, A. (2006). Salat:Bukan sekedar Ritual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawir, A. W. (1992). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku-buku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren.

Najih, S. (2016). Mau'idzah Hasanah Dalam Al Qur'an Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam. Ilmu Dakwah , 36 (1), 144-169.

Nasution, A. (2019). Metode Pembiasaan dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan Implikasinya Terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. al-Bahtsu , 4 (1), 22.

Nata, A. (2010). Akhlak Tasawwuf. Jakarta: Rajawali Press.

Nata, A. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernadamedia Group.

Nawawi, H. H. (2019). Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Nurhaini. (2022). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam , 1 (1), 26-37.

Nurlaela, U. S. (2021). Pendampingan Santri Pesantren Fatahillah dalam Mendorong Kesadaran Shalat Berjamaah. Jurnal Sivitas , 1 (1), 21.

Nurtakyidah. (2018). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Shalat Berjamaah di SDN 106162 Medan State Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Ansiru PAI , 2 (2), 44.

Palili, S. (2008). Konsep Model Strategi Pembelajaran Pembiasaan Melalui Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Fitrah Jurnal Studi Pendidikan , 14 (1), 30.

Pela Safni, M. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam , 2 (3), 530-536.

Restu, A. (2015). Kepemimpinan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah. 1 (1).

Rokhmad, N. (2020). Solusi Terhadap Permasalahan Internal dan Eksternal pada Seksi Pendidikan Diniyanh dan Pondok Pesantren di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam , 2 (2), 160.

Sabiq, S. (1992). Fiqh as-Sunnah. Bairut: Dal Al Fikr.

Salim, A. M. (2003). Shohih Fiqih Sunnah. Kairo: Maktabah Taufiqiyyah.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Press.

Semiawan, C. (2002). Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: 92-93.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sutra, O. (2019). Problematika Kedisiplinan Beribadah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Bengkulu. al Bahtsu , 4 (2), 244.

Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wolfok. (2009). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender , 12 (2), 258.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Nardi, & Maslihatul Umami. (2024). STRATEGI RIJALUL ḤISBAH DALAM PENANAMAN KESADARAN SHOLAT BERJAMAAH DI MASJID PADA SANTRI PESANTREN ISLAM AL IRSYAD TENGARAN. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1167–1175. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.150