STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (Studi Komparasi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA As Surkati Salatiga)

Authors

  • Said Ibrohim UIN Salatiga
  • Hammam UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.128

Keywords:

Kedisiplinan, Siswa, Strategi Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penerapan strategi dalam membina kedisiplinan siswa di MA Al-Irsyad Tengaran.Untuk mengetahui penerapan strategi dalam membina kedisiplinan siswa di MA As Surkati Salatig.mengetahui faktor penghambat strategi guru PAI dalam membina kedisiplinan siswa di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA As Surkati Salatiga.Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi komparasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi guru Pendidikan Agama Islam yang digunakan di MA Al-Irsyad Tengaran dalam membina kedisiplinan meliputi: (a) di dalam kelas di antaranya yaitu: Datang tepat waktu dalam kelas yang dilanjutkan dengan pemberian motivasi pentingnya kedisiplinan; (b) mengingatkan, membimbing dan mengarahkan para siswa di luar kelas untuk menggunakan seragam sesuai dengan jadwal sekolah.Sementara itu strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam oleh MA As Surkati Salatiga Tengaran dalam membina kedisiplinan antara lain: (a) memberi nasehat atau tabayyun dan memotivasi dalam kelas diantara proses hafalan al Qur'an (b) pemberian motivasi tentang pentingya kedisiplinan pada saat kegiatan apel diluar kelas

References

Ahmadi,Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi belajar Mengajar

Bandung: Pustaka Setia, 1997

Ahdani, Yusnita,Model Pembinaan Akhlak di SMA Negeri 20 Bandung, (thesis, Universitas Pendidikan Indonesia: 2013)

Aref,Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam,Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin, Zainul.Ilmu Pendidikan Islam, Madiun: STAI Madiun, 2009.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bina Aksara 1992).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999).

Depag RI, AlQur’an dan Terjemahannya, Semarang: PT. Thoha Putra, 1995.

Djamaroh,Syaiful Bahridan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka cipta. 2002

Farhan, “Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak al-Karimah Siswa di SMAN Marga Baru Kabupaten Musi Rawas”, Jurnal An-Nizom, Vol.2, No. 2 Agustus 2017.

Furchan, Arief. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia (Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI). Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teori Kinerja dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Hasan, M. S., & Rusydiana, H. (2018). Penerapan Sanksi Edukatif Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Di MTS Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 152–178. Https://Doi.Org/10.37348/Cendekia.V4i2.63

Hamid, Abdullah Strategi Pembinaan nilai-nilai Akhlak Mahmudah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Seluma, (Thesis, IAIN Bengkulu:2015).

Ilyasa Antoni Ilyas. Kamus Modern Arab-Inggris. Muthaba’atul Ashriy: Al-Qahirah. (1925).

Imran, Ali Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Kardi S. dan Nur M, Pengajaran Langsung, (Surabaya: Unipres IKIP Surabaya, 1999).

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009)

Kurniati, Rohmad Widodo, Budiono, “Peranan Guru Pkn Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Di MAN Malang 1”, Jurnal Civic Hukum Volume 3, Nomor 2, November 2018.

Longman, Dictionary of English Languange and Culture. Harlow: Longman. . (1992). Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2006.

Najmuddin, Fauzi, Ikhwani. “Program Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar”, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 08/No.02 Agustus 2019

M. Sastrapradja. Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya: Usaha Nasional. (1978).

Mangkunegara, Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan , (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002 ).

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, 2015).

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moh. Mansyur Fawaid, “Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter kedisiplinan siswa”, Jurnal Civic Hukum, Volume 2, Nomor 1, Mei 2017.

Moenir, H.AS, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta 2008 Muchtar, Heri Jauhari, Fikih, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).

Mufarokah, Anissatul. Strategi dan model-model pembelajaran, Tulungagung: STAIN Tulungagung Pres, 2013.

Putri Hadisa dan Purniadi Putra, Jurnal: Implementasi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Sekolah Dasar, Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education (JMIE), Vol. 3 (2) 2019.

Raman Ainur, Begjo, Tohari. “Penerapan Bimbingan Konseling Berbasis Buku Poin dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Aliyah”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 5 Tahun 2021.

Rimm, Syilva, Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Pra Sekolah. Jakarta: Gramedia. iii

Roesminingsih Erny dan Aelen Riuspika Puspitasari (2014). Budaya Disiplin Sekolah di SMA Al-Islam Krian Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3). (2003).

Schunk, H. Dale. Learning Theories An Educational Perpective, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

Seifert, Kelvin (2007). Educatinal Psychology. Yogyakarta: IRCISoD.

Sriyono, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991).. Sudikno Iyut Sustiasih. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Jurnal: Economic Education Analysis Journal, No. 3(1). (2014).

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sulistyowati, Sofchah. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien, Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan. 2001.

Suratno Arsyad Lincoln, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: UPP AMPYKPN,1995.

Tamarli. (2009). Strategi Kepala Sekolah dalam Membina Disiplin di Sekolah. Jurnal

Serambi Ilmu, 7(1). di unduh tanggal 5 Mei 2018.

Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, DEPDIKBUD. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka).

Trisnawati Destya Dwi. Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Jurnal: Kajian Moral dan Kewarganegaraan, No. 2(1). (2013).

Tulus, Tu’u. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo Hadi, “Peranan Guru Agama Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Disekolah Melalui Keteladanan Guru Pada Siswa”, Jurnal Pendidikan dan konseling, Vol. 10, No. 2, Edisi Juli-Desember 2010, hal. 2.

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasus Kompetensi, (Jakarta: Kencana, 2005).

Yuliani Nur Fitria “Strategi penanaman kedisiplinan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang.(thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016).

Yuliananingsih dan Teresius Darmo, “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan, Vol. 17, No. 1,Juni 2019

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Said Ibrohim, & Hammam. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (Studi Komparasi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA As Surkati Salatiga). Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1368–1376. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.128

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.