PEMANFAATAN STRATEGI JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Lia Amelia

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.91

Keywords:

Bahasa Inggris, Strategi, Joyful Learning

Abstract

Bahasa inggris merupakan Bahasa internasional, oleh karena itu penerapan strategi sangatlah penting dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dengan cepat dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan dan monoton dalam proses pembelajaran. secara profesional sebagai seorang pendidik, pengajar dan pelatih, maka guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik mata pelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran tidak dilakukan dengan monoton tapi dapat dilakukan dengan variasi strategi pembelajaran. Salah satu strategi yang digunakan yaitu joyful learning (pembelajaran menyenangkan). Yang mana lebih penting  bahwa proses pembelajaran pada jenjang dan jenis pendidikan harus diselenggarakan secara inspiratif, interaktif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup untuk berprakarsa, mengembangkan kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.

References

Budiningsih, A. C. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara

Catur, C. (2017). joyful learning. Joyful learning.Http://Chatarinacatur.Wordpress.Com /2008/10/15/ Joyful Learning.Tanggal 20 April 2021

Danarti, D. (2008). 50 Games For Fun Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Darmansyah, 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

E.mulyas ,2006. Pengaertian joyful learning, yogyakarta : Erlangga,hlm 191-194

Furqon, 2010. Pembelajaran Aktif &Psikologi Perkembangan, Bandung : Erlangga.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosda Karya.

Refni Ramadani. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Menggunakan Media Online Terhadap Anak ADHD di Masa Pandemi COVID-19”. Vol. 1, No. 1. (2020). Seminar Nasional Pendidikan, Surabaya, Indonesia.

Rindiani Repo Sidi, Tri Nova Hasti Yunianta, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika :Maju 05 no. 01 2018, 43

Rudi Hartono, Ragam Model Pembelajaran Yang Mudah Diterima Murid. (Yogayakarta: Diva Press, 2013

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada

Safira Datu. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Negeri 97 Jakarta”. Vol. 5, No. 2. (2021). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, Jakarta, Indonesia.

Salirawati, 2012. Pentingnya Penerapan Joyful Learning Dalam Penciptaan Suasana Belajar Yang Menyenangkan. Jurdik Kimia FMIPA UNY, 1-10.

Septiawan, H., 2012. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Salatiga 01 Kota Salatiga. Skripsi

Sufiani dan Marzuki, Joyful Learning : “Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan”, Jurnal Pemikiran Islam 07 no. 1 (2021) : 132

Sutatik. 2021. “Meningkatkan Minat Belajar Seni Budaya Melalui Joyful Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas IX-A Semester Ganjil Di SMP Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Vol. 6, No. 1. (2021). Jurnal Refleksi Pembelajaran, Madiun, Indonesia.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara

Utari, R.d.W.M., 2013. Jakarta: Pusdiklat KNPK. Wei, C.-W.I.-C.H.d.L.L., 2011. A joyful Classroom Learning System With Robot Learning Companion For Children To Learn Mathematics Multiplication. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2): 11-23.

Wei, C.W., Hung, I.C., Lee, L. & Chen, N.S. (2011). A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. Turkish Online Journal of Educational Technology

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Lia Amelia. (2023). PEMANFAATAN STRATEGI JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1060–1069. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.91