HADITS SEBAGAI SUMBER PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.131Keywords:
Hadits, Karakter, Pendidikan Islam KontemporerAbstract
Hadits merupakan salah satu sumber utama dalam pembentukan karakter dalam pendidikan Islam kontemporer. Pendidikan Islam kontemporer berusaha memadukan nilai-nilai Islam dengan realitas kehidupan modern. Dalam hal ini, hadits memiliki peran yang penting sebagai sumber inspirasi dan panduan bagi individu Muslim dalam membentuk karakter mereka. Hadits memberikan landasan moral yang kokoh dan mempromosikan nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, dan ketaatan terhadap Allah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, data primer dan sekunder didapatkan dari naskah-naskah penelitian yang sudah terpublikasi di jurnal nasional dan internasional dengan kredibilitias tinggi sinta 2 sampai 5 dan jurnal yang terindex Scopus, yang pembahasannya tentang hadits sebagai sumber pembentukan karakter dalam pendidikan islam kontemporer. Analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa metode, pertama mengumpulkan data-data yang diperoleh dari hasil studi kepustakaan, setalah itu data dikelompokkan sesuai dengan jenisnya, kemudian menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, yang diakhiri dengan menarik kesimpulan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam konteks pendidikan Islam kontemporer, penggunaan hadits sebagai sumber pembentukan karakter merupakan langkah yang tepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa interpretasi dan pemahaman hadits juga perlu dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diterapkan sesuai dengan konteks zaman sekarang. Oleh karena itu, guru dan pendidik perlu memainkan peran yang penting dalam membimbing siswa dalam memahami dan menerapkan hadits dalam kehidupan mereka.
References
Aladdin, H. M. F. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal: Penelitian Medan Agama, 10(2), 153. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050
Asman, Wantini, & Betty Mauli Rosa Bustam. (2021). Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 262–281. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119
Astuti, M., Herlina, Ibrahim, Juliansyah, & Febriani, R. (2023). Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. Jurnal Faidatuna, 4(3), 140–149. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/ft.v4i3.302
Bashori. (2017). Pradigma Pendidikan Islam (Nilai-nilai ISlam dalam Pembelajaran). Jurnal Penelitian, 11(1), 141.
Bustari, B. (2019). Konsep Pendidikan Hadhari. HIKMAH Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–23.
Darmalaksana, W., Pahala, L., & Soetari, E. (2017). Kontroversi Hadis sebagai Sumber Hukum Islam. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 245–258. https://doi.org/10.15575/jw.v2i2.1770
Destrianjasari, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). PENGERTIAN, TEORI DAN KONSEP, RUANG LINGKUP ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1748–1757. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3304
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Faza MB, A. B. (2019). METODOLOGI PENGEMBANGAN LIVING HADITS DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Penelitian Agama, 20(1), 142–159. https://doi.org/10.24090/jpa.v20i1.2019.pp142-159
Hidayah, N., & Rachmawati, L. (2021). Analisis Hadist Tarbawy Tentang Karakter Anak Didik (Kajian Hadist Kontemporer). Journal of Education and Management Studies, 4(2), 31–36.
Izzah, I. (2022). Analisis Kajian Sumber Dan Nilai-Nilai Manajemen Pendidikan Islam. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 117–132. Retrieved from http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/indexhttp://doi.org/xx.xxxxx/mudir.xxxx.xxx
Kamil, I. (2023). Filosofis pemikiran prof. h. m arifin, m. ed. (religius- rasional) tentang pendidikan islam kontemporer. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), 468–480.
Kitab al-Birr wa as-Silah wa al-Adab, Bab 27, Hadis nomor 2999
Mustofa, A. (2019). METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71
Romlah, S., & Rusdi. (2023). Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembentukan Modal dan Etika. Al-Ibrah, 8(30), 67–85.
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. Retrieved from https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Sholeh, S. (2020). ISU-ISU KONTEMPORER PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM Slamet. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol., 4(2), 722–736.
Sunan Ibn Majah (Hadis no. 224) dan Sunan Abu Dawood (Hadis no. 3660)