EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Usman

Keywords:

Efektifitas, Metode, Targhib, Tarhib, Pembelajaran

Abstract

Keberhasilan seorang Pendidik dalam menyampaikan materi dikelas dan dapat direspon dengan baik oleh peserta didik, bukan saja kebutuhan kompetensi guru dalam menguasai materi pembelajaran, tetapi ada unsur lain yang juga cukup menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran di kelas yaitu metode. Banyak sekali macam-macam metode yang dapat digunakan Pendidik dalam proses pembelajaran, walaupun tidak ada sebuah metodepun yang sempurna tanpa ditopang oleh metode lainnya, namun ada salah satu metode yang dominan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode tersebut adalah metode Targhib wa Tarhib yang jika digunakan sesuai prosedurnya akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, baik materi Akidah, Ibadah maupun Akhlak.

References

An-Nahlawi, Abdurrahman, 1995. Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, H.M., 1991. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Badawi , Ahmad Ali, 2000. Imbalan dan hukuman: Pengaruhnya bagi pendidikan Anak, Jakarta, Gema Insani Pres.

Ulwan, Abdullah Nasih, 1994. Pendidikan Anak dalam Islam, Jamaludin Miri, Jakarta,Pustaka Amani.

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis , Bandung, 1994.

Tafsir, Ahmad, 1997. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. III.

Warson, Ahmad Munawir, 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Usman. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 17(2), 764–771. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/71