IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TAMBANG

Authors

  • Lia Amelia

Keywords:

Metode Montessori, Pembelajaran

Abstract

Bahasa asing pertama di Indonesia adalah bahasa Inggris, oleh karena itu proses pembelajarannya harus dilakukan secara bertahap. Pemilihan metode merupakan posisi yang paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Metode Montessori merupakan metode pendidikan untuk anak usia dini, metode Montessori diterapkan terutama pada anak usia pra sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya pada pendidikan menengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah mengetahui bagaimana penerapan metode Montessori dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan anak usia dini untuk mengenal kosa kata dan memberikan motivasi dalam menggunakan bahasa Inggris.

References

Abdulabdullah. 2015. Makalah Bahasa Inggris Tentang Metode Permainan dan Nyanyian Dalam Mengajar Bahasa Inggris

Ahmad Julia Mufida, Semua Modul Kursus Metode Montessori Bernafaskan Islam WPP Rumah Bermain Padi, Bandung: 2008, hal. 49

Arumsari, Dwi Andini., Arifin, Bustomi., & Rusnalasari, Z. D. 2017. Pembelajaran Anak Usia Dini di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal PG PAUD Trunojoyo (Volume 4, Nomor 2), 82 - 170. https://journal.trunojoyo.ac.id .

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. London: SAGE publications.

Elvina Lim Kusumo, Montessori di Rumah 55 Kegiatan Keterampilan Hidup, Jakarta: Penerbit Esensi, 2018, hal. 73

Elytasari Suvidian. 2017. Esensi Metode Montessori Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini .Fakultas Tarbiyah. Universitas Nadhatul Ulama Imam Ghazali (UNUGHA) .Volume III. Nomor 1. Januari – Juni 2017

Fadillah, Edutainment PAUD Menciptakan Pembelajaran Menarik Kreatif dan Menyenangkan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014 hal. 40

Fauzia Rozani. 2016. Teaching English to Indonesian Young Leaners. Jakarta, ID: Kencana

Irene Kurniastuti, “Mengenal Kesukaran Belajar Membaca Menulis Awal Siswa Sekolah Dasar dan Metode Montessori Sebagai Alternatif Pengajarannya”, dalam Jurnal Penelitian, Vol. 19 No. 2 Tahun 2016, hal. 179

Lesley Britton, 2017. Montessori Play and Learn (ed terjemahan), (Yogyakarta, PT BentangPustaka.

Montessori, Dr. Maria. 1991. The discovery of the Child. New York: Ballatine Books

Montessori, Maria, Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD Pendidikan Anak usia Dini, Terj. Ahmad Lintang Lazuardi

Mukhtar, Latif. Et al . 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta, ID: Prenada Group.

Nadia Maulida Hasanah et al, 2021. Implementation of the Montessori method in learning English at YPI RA Al-Barki.UIN Sunan Gunu Djati Bandung

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta CV

Suryana Dadan 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak, Jakarta : CV kencana

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Lia Amelia. (2023). IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TAMBANG. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 866–880. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/84