PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DZIKRUS SALAM DESA AUR CINA KECAMATAN BATANG CENAKU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Authors

  • Denny Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Reci Rawani Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

Keywords:

Metode Demontrasi,, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits

Abstract

Metode demonstrasi adalah suatu penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada peserta didik tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu. Dengan metode demonstrasi ini proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan metode demontrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. metode demonstrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Intervew (Wawancara) dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pada observasi I dikategorikan “baik” dengan presentase 75%. Pada observasi ke II dikategorikan “baik” dengan presentase 75%. Pada observasi ke III dikategorikan “baik” dengan presentase 100%. Pada observasi ke IV dikategorikan “baik” dengan presentase 100%, maka proses pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi di kelas III A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Aur Cina dengan jumlah 21 siswa tergolong Baik. (2) pengaruh penerapan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dzikrus Salam Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Hal ini di buktikan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan KK nya sebesar 0,817. Setelah mengubah harga KK atau C menjadi harga phi (ϕ), di dapati hasil (0)= 1 Setelah interprestasikan maka di dapati nilai phi yang berasal dari KK atau C ternyata lebih besar dari pada “r” product moment baik taraf signifikan 5% maupun 1% atau 1>0,433>0,537>.

References

Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, 2009, Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam, Bandung:PT Refika Aditama

Abdul Majid, 2013, Strategi Pemebelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya

Anshori, 2013, Ulumul Qur’an, Jakarta: Rajawali Press,

Anas Sudijono, 2018, Pengantar Statistik Pendidikan, Depok: PT Raja Grafindo Persada

Darmadi, 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, yogyakarta: deepublish, Februari

Karwono dan Heni Mularsih, 2017, Belajar dan Pembelajaran, (Depok: PT Raja Grafindo Persada

Miftahul Huda, 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mislan ,M.Pd dan Edi Irwanto, M.Pd, Strategi Pembelajaran Komponen,Aspek,Klasifikasi Dan Model-Model Dalam Strategi Pembelajaran

M. Quraish Shihab, 1996, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan,

Mimin Haryati, 2007, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarat: Gaung Prasada Press

Nana Sudjana, 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman, 2017, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Shubhi Al-Shalih, 1969, Ulumul Al-Hadis wa Musthalahuh, Beirut, Dar Al-‘Iim Li Al-Malayin

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Denny Wahyuni, & Reci Rawani. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DZIKRUS SALAM DESA AUR CINA KECAMATAN BATANG CENAKU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 639–647. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/98