Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.</div> <div> </div> <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is an National peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of education and teaching. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of education and teaching, the Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.</div> en-US yuliafebriyati27@gmail.com (Yulia Febriyati, S.E.Sy.,ME) halonova81@gmail.com (Nova Violita, A.Md) Mon, 04 Sep 2023 23:56:23 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DALAM JARINGAN (DARING) http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/77 <p>Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat, bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab atas keberhasilan dan kemajuaan pendidikan di Indonesia akan tetapi semua pihak guru, orang tua maupun peserta didik sendiri ikut bertanggung jawab. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Jadi belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang telah dianggap belajar jika dia menunjukan perubahan pola fikir dan prilaku. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan segala keadaan, pembelajaran daring merupakan hal yang lumrah dilakukan saat ini. Fiqh merupakan mata pelajaran yang disajikan di sekolah islam dan merupakan salah satu mata pelajaran yang fundamental dalam hidup.</p> Novri Susanti Suparman Copyright (c) 2022 2022 http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/77 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 MINAT SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/78 <p><em>Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat melanjutkan studi adalah kecendrungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, kecakapan melalui usaha, pengajaran atau pengalaman. Berdasarkan studi pendahuluan di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu penulis menemukan beberapa gejala yaitu Banyak di temukannya siswa-siswa yang tamat sekolah yang tidak mau melanjutkan studi mereka ke perguruan tinggi sehingga jumlah sarjana di desa tersebut sangat sedikit. Minimnya tenaga-tenaga yang terdidik Sedikitnya jumlah tamatan SMA yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi. </em></p> <p>&nbsp;</p> Denny wahyuni Copyright (c) 2022 2022 http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/78 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KELAYANGKECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/79 <p>Manajemen kearsipan adalah pengerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pemeliharaan pengawasan, pemindahan, dan pemusnahan. Kegiatan administrasi akan&nbsp; lebih efektif apabila didukung dengan manajemen baik. Sementara untuk mewujudkan manajemen yang baik salah satunya adalah dengan tersedianya informasi yang akurat, tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus diambil dengan cara Angket (kuesioner) dan dokumentasi&nbsp; pada objek yang sedang diteliti. Hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen kearsipan terhadap kualitas pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Dari hasil analisis menggunakan rumus <em>korelasi product moment </em>dengan Interpretasi menggunakan tabel nilai “r”: df&nbsp; = 23. Demikian memeriksa tabel nilai “r” <em>product moment</em> df&nbsp; = 23, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,413. Karena rxy pada taraf signifikansi 5% kecil dari r tabel yaitu -0,340 &lt; 0,413 maka pada taraf signifikansi 5% yaitu Ha = ditolak dan Ho = diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% itu tidak terdapat pengaruh signifikan antara manajemen kearsipan dengan kualitas pelayanan. Maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa tinggi rendahnya kualitas manajemen kearsipan tidak dipengaruhi oleh kualitas pelayan. Hasil tersebut memiliki makna bahwa hasil hipotesis yang berbunyi yaitu “ Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kearsipan terhadap kualitas pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam penelitian ini di sarankan kepada staf dan guru SMKN 1 kelayang Untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam proses kearsipan agar proses pelaksanaan manajemen kearsipan berjalan dengan baik.</p> Afrida Yanis Copyright (c) 2022 2022 http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/79 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/80 <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kinerja guru masih relatif rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya supervisi Akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi. Tujuan penulisan ini adalah untuk membahas dan menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru&nbsp;</p> Adam Saleh Copyright (c) 2022 2022 http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/80 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700