Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.</div> <div> </div> <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is an National peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of education and teaching. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of education and teaching, the Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.</div> en-US yuliafebriyati27@gmail.com (Yulia Febriyati, S.E.Sy.,ME) halonova81@gmail.com (Nova Violita, A.Md) Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK MENURUT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA (Studi di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu) http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/88 <p>Pola asuh orang tua adalah perilaku orang tua yang diterapkan pada anak yang bersifat relatif dan konsisten dari waktu ke waktu. Orang yang bertanggung jawab mengasuh anak adalah kedua orang tuanya. Seorang ibu atau wanita lebih diutamakan dalam hal mengurus anak, karena sesuai dengan sifatnya, ibu mempunyai sifat lemah lembut, halus perasaan dan sayang kepada anak kecil.&nbsp; Tujuan penulisan artikel ini untuk menjelaskan pola asuh orang tua terhadap anak menurut pendidikan Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu). Metode dalam artikel ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research) adalah penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada responden. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis menyimpulkan bagi orang tua yang telah menerapkan pola asuh sesuai dengan pendidikan Islam maka akan mampu menghindarkan dan membawa anak-anaknya terbebaskan dari kenakalan remaja adapun bentuk pola asuh orang tua menurut pendidikan Islam adalah sebagai berikut:</p> <ul> <li>Orang Tua harus kompak memilih pola asuh yang akan diterapkan kepada anak.</li> <li>Jadilah orangtua yang pantas diteladani anak dengan mencontohkan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari.</li> <li>menyesuaikan pola asuh dengan situasi, kondisi, kemampuan dan kebutuhan anak.</li> <li>Kedisiplinan tetap harus diutamakan dalam membimbing anak.</li> <li>Kedepankan dan tanamkan sejak dini agama dan moral yang baik pada anak.</li> <li>Komunikasi dilakukan secara terbuka dan menyenangkan.</li> <li>Hindari tindakan negatif pada anak<strong><em><br></em></strong></li> </ul> Denny Wahyuni Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/88 Fri, 10 Nov 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/89 <p>Manajemen keuangan pendidikan merupakan sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan keuangan, pemanfaatan keuangan hingga pertanggung jawaban keuangan dengan harapan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ruang lingkup manajemen keuangan pendidikan meliputi penyusunan atau perencanaan anggaran (Budgeting), pembukuan (Accounting), pemeriksaan (Auditing), dan pertanggung jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan keuangan pendidikan di sekolah negeri dan swasta. Tempat dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 Airmolek, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Riyadatul Muta’allin Airmolek, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pasir Penyu, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Falah Airmolek, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pasir Penyu, Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falah Airmolek, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pasir Penyu. Pelakunya Kepala Sekolah dan Bendaharawan. Sedangkan kegiatannya yang diamati adalah pengelolaan keuangan pendidikan. Data yang didapatkan dengan wawancara dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan yang dilakukan sekolah negeri dan swasta sudah berjalan dengan baik. Dimana sekolah sudah melakukan perancanaan anggaran keuangan untuk satu tahun ke depan dengan cara bermusyawarah yang melibatkan kepala sekolah/madrasah, bendahara, komite, guru, staf dan tim IT. Anggaran ini dituangkan dalam RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) dan RKAM (Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah). Setiap realisasi anggaran dipertanggungjawabkan dan dibukukan melalui SPJ (Surat&nbsp; Pertanggungjawaban) yang dilaporkan manual ke dinas pendidikan dan secara online ke Kemenag dan Kemendikbud. Selanjutnya, pengawasan untuk dana yang bersumber dari komite dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah. Sedangkan dana dari pemerintah (BOS) diaudit oleh BPK (Badan Pengawasan Keuangan). Hasil audit akan ditindaklanjuti dengan pemberian catatan perbaikan yang harus segera diperbaiki pihak pengelola keuangan.</p> <p>&nbsp;</p> Leni Fitrianti Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/89 Fri, 10 Nov 2023 00:00:00 +0700 RELEVANSI POKOK PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI TERHADAP PENDIDIKAN SAAT INI http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/90 <p>Artikel ini membahas tentang relevansi pemikiran pokok Burhanuddin Az-Zarnuji terhadap sistem pendidikan saat ini. Pokok-pokok pemikiran Az-Zarnuji tertuang dalam bukunya yang berjudul Ta’limul Muta’allim yang menitikberatkan pada etika dalam mencari ilmu. Artikel ini mengkaji pemikiran-pemikiran Burhanuddin Az-Zarnuji yang dituangkan dalam karyanya secara khusus, dengan menggunakan metode analisis isi, dimana kalimat-kalimat Az-Zarnuji dianalisis satu per satu, sehingga ditemukan konsep adab dalam menuntut ilmu. Dalam hal ini ditemukan 13 pasal dalam sudut pandang Burhanuddin Az-Zarnuji, yaitu (1) Hakikat Ilmu, Fikih dan Keutamaannya, (2) Niat ketika menuntut ilmu, (3) Memilih ilmu, guru, teman dan kesabaran dalam menuntut ilmu, (4) Takzhim terhadap ilmu dan ahli ilmu, (5) giat, tekun dan semangat, (6) Mulai belajar, besar kecilnya dan urut-urutannya, (7) Amanah, (8) Masa Belajar, (9) Cinta dan nasehat, ( 10) Mempelajari hikmah dan adab yang memanfaatkan ilmu, (11) Sikap wara', (12) Hal-hal yang memudahkan hafalan dan menyebabkan lupa, (13) Hal-hal yang mendatangkan dan menjauhkan (rejeki), memperpanjang dan mengurangi kehidupan. Penerapan konsep pemikiran tersebut sangat relevan dalam sistem pendidikan saat ini mengingat etika semakin memudar dari kepribadian siswa.</p> Septri Larasati, Eva Dewi, Djefrin E. Hulawa, Alwizar Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/90 Sat, 25 Nov 2023 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN STRATEGI JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/91 <p>Bahasa inggris merupakan Bahasa internasional, oleh karena itu penerapan strategi sangatlah penting dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami dengan cepat dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan dan monoton dalam proses pembelajaran. secara profesional sebagai seorang pendidik, pengajar dan pelatih, maka guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik mata pelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran tidak dilakukan dengan monoton tapi dapat dilakukan dengan variasi strategi pembelajaran. Salah satu strategi yang digunakan yaitu <em>joyful learning </em>(pembelajaran menyenangkan). Yang mana lebih penting&nbsp; bahwa proses pembelajaran pada jenjang dan jenis pendidikan harus diselenggarakan secara inspiratif, interaktif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup untuk berprakarsa, mengembangkan kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.</p> Lia Amelia Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/91 Sat, 25 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI B 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/93 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan korelasi yang signifikan antara tingkat motivasi dalam belajar dengan pencapaian akademis mahasiswa dalam lingkungan kelas Pendidikan Ekonomi B, Universitas Negeri Medan, pada tahun 2022. Sampel diambil secara sengaja (purposive) dari responden yang menerima kuesioner dengan tujuan mendapatkan data yang sesuai dan representatif. Penelitian ini memanfaatkan kuesioner sebagai salah satu alat pengumpulan data, sekaligus mengambil nilai hasil belajar mahasiswa dari kelas B Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari instrumen yang digunakan. Proses analisis data memanfaatkan metode regresi. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Fhitung, yakni 44,562, dan Ftabel yang sebesar 4,20 berdasarkan hasil penelitian. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh yang substansial antara motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa di lingkungan kelas tersebut. Pendidikan Ekonomi B tahun 2022. Dengan menggunakan persamaan regresi, prediksi atau estimasi nilai dari variabel kriteria (Y) dapat dilakukan berdasarkan variabel prediktor (X). Analisis menunjukkan bahwa koefisien konstanta pada model linier memiliki Angka signifikansi yang tercatat adalah 0,000, sebuah nilai yang jauh di bawah ambang batas signifikansi yang telah ditetapkan sebesar 0,05, sehingga Ho ditolak. Ini mengindikasikan bahwa koefisien regresi untuk hasil belajar mahasiswa dalam kelas Pendidikan Ekonomi B 2022 memiliki signifikansi yang kuat. Pada tambahan informasi, tercatat nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,614, menunjukkan bahwa sekitar 61,4% variasi dalam hasil belajar mahasiswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar. Sisanya, sekitar 38,6%, kemungkinan terjadi pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam kerangka model yang digunakan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Mica Siar Meiriza, Hotman Siboro, Penus Sinurat, Nurita Pasaribu, Syaqinah Ujung Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/93 Sat, 25 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE TALAQQI TERHADAP HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA SD IT MUHAMMADIYAH BUKIT GAJAH KECAMATAN UKUI http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/104 <p>Metode talaqqi adalah suatu cara pengajaran Al-Qur’an secara langsung dari seorang guru yang mengajarkan langsung dari mulut kemulut kepada muridnya. Sedangkan hafalan secara definitif adalah mempertahankan suatu gambaran (konsepsi) yang telah didapat atau memperkuat suatu hal yang dapat dicerna oleh akal (rasio) dan mempertahankannya di dalam otak, dan Juz ‘Amma adalah juz ke tiga puluh atau juz terakhir dari kitab suci Al-Qur’an. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah terkadang guru kurang konsisten dalam mentalaqqikan bacaan Al-Qur’an kepada siswa, guru juga terkesan menjadi penerima setoran saja tanpa ada pembimbingan yang extra, sehingga kalau seorang guru tidak konsisten mentalaqqikan bacaan tersebut kepada siswa, pembelajaran menjadi tidak maksimal bahkan bisa tidak mencapai target hafalan yang diinginkan.</p> Nurwahid Ihsanudin, Nur Soleh Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/104 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DI LEMBAGA PENDIDIKAN http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/105 <p><strong><em>&nbsp;</em></strong><em>The better the education of a nation, the better the quality of a country, which is a general assumption regarding a nation's education program. In fact, education describes the group activities of a group of teachers and other educational personnel carrying out education in collaboration with interested people. In essence, education has the principles of movement in matter, interaction, innovation and ideals. Education in the individual's view is the cultivation of the wealth or potential that exists in each individual so that it is useful for the individual himself and can be presented to society. Meanwhile, in the community's view, it is the inheritance of culture and the development of potential. The above illustrates that advanced education is supported by good and superior resources, both planning, management and development of human resources in educational organizations. Management of organizational human resources is very dependent on the quality of the people in it, organizational leadership is the starting point of change where a pattern of leader behavior attempts to influence others to achieve the goals set in education.</em></p> Muli Prima Aldi Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/105 Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0700