KETERAMPILAN PENDIDIK MENGKOMBINASIKAN METODE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDKIKAN AGAMA ISLAM Usman

Authors

  • Usman

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v14i2.28

Keywords:

Keterampilan, Kombinasi, Metode, Pembelajaran

Abstract

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan  dengan  melibatkan unsur rohani dan jasmani. Belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, efektif, dan psikomotor. Dalam proses pembelajaran seorang guru haruslah memiliki metode yang tepat agar mampu melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Mengajar mengandung tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan diri yang dengan pengembangan diri itu mengalami perubahan tingkah laku. Bahan pengajaran yang disampaikan berproses melalui metode tertentu, sehingga dengan metode yang digunakan tujuan pengajaran dapat tercapai. Tidak ada sebuah metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itulah penggunaan sebuah metode akan efektif jika ditopang oleh metode yang lain, dan setiap pendidik dituntut agar terampil dalam mengkombinasikan metode-metode pembelajaran, agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan menyenangkan.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Usman. (2019). KETERAMPILAN PENDIDIK MENGKOMBINASIKAN METODE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDKIKAN AGAMA ISLAM Usman. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 14(2), 367–380. https://doi.org/10.55558/alihda.v14i2.28