KETERAMPILAN KOMUNIKASI DIADIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Usman

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.43

Keywords:

Guru, pembelajaran, keterampilan, komunikasi, diadik.

Abstract

Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang lebih buruk. Peran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting.Bagaimanapun hebatnya kemampuan teknologi, peran guru akan tetap diperlukan Dalam proses pembelajaran guru haruslah memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah komunikasi diadik, yaitu bentuk komunikasi yang terjadi antara dua individu baik yang sudah saling mengenal maupun yang belum saling mengenal. Proses komunikasi diadik memerlukan keterampilan dasar yang mencakup keterampilan bertanya dan membuka percakapan,
keterampilan paraphrasing, keterampilan merefreksikan perasaan, dan keterampilan konfrontasi. Secara singkat disimpulkan bahwa komunikasi diadik adalah salah satu
bentuk komunikasi yang melibatkan saling hubungan antara dua orang yang bersifat interdependensi antara satu dengan yang lainnya dalam proses komunikasi. Komunikasi didik merupakan titik sentral dalam hubungan interpersonal atau interaksi sosial

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Usman. (2020). KETERAMPILAN KOMUNIKASI DIADIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(2), 526–538. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.43