http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/issue/feedAl-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran2023-12-05T15:44:17+07:00Yulia Febriyati, S.E.Sy.,MEyuliafebriyati27@gmail.comOpen Journal Systems<div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.</div> <div> </div> <div><strong>Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran</strong> is an National peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of education and teaching. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of education and teaching, the Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.</div>http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/82PENGUATAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU PEMULA 2023-07-13T22:54:05+07:00Leni Fitrianti lenifitrianti@stainurulfalah.ac.id<p><em>Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap pendidik selama dan setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu dan bagaimana hasil belajar yang mereka dapatkan. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan berpegang pada prinsip-prinsip evaluasi yang telah ditetapkan. Selain itu, Tes Hasil Belajar (THB) yang telah diujikan perlu dilakukan analisis untuk menentukan kualitasnya. </em><em>Baik atau tidaknya suatu THB hanya dapat ditentukan dengan cara melakukan analisis terhadapnya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru pemula khususnya, dan calon guru pada umumnya agar dapat melakukan evaluasi pembelajaran yang baik sesuai dengan prinsip-prinsipnya. Adapun hasil kegiatan ini menunjukan peserta memiliki pemahaman yang baru terkait evaluasi yang ideal. Selain itu, peserta juga mau berusaha melakukan tugas analisis THB meskipun belum terlalu terampil.</em></p>2023-07-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiranhttp://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/83INTEGRASI SAINS DAN ISLAM PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA2023-07-13T23:12:45+07:00Nurwahid Ihsanudinnurwahidihsanudin@stainurulfalah.ac.idNur Solehnsoleh813@gmail.com<p>Berkembangnya Sekolah Islam Terpadu membawa warna dan ciri khas yang berbeda pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia bila dibandingkan dengan madrasah dan pesantren. Sekolah Islam Terpadu memadukan antara pendidikan agama yang menjadi ciri khas dari pesantren dan pendidikan modern yang menjadi ciri khas dari sekolah umum. Konsep keterpaduan dibangun dengan memadukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum dalam satu kurikulum. Mata pelajaran dan kegiatan pembinaan yang disajikan terintegrasi satu sama lainnya dengan nilai-nilai Islam. Metode penulisan menggunakan kajian pustaka untuk mengetahui integrasi sains dan Islam di sekolah Islam terpadu. Hasil penelitian dapat disimpulkan konsep integrasi antara Islam dan ilmu pengetahuan pada sekolah Islam Terpadu sudah tertuang dalam kurikulum. Namun keterbatasan sumber belajar dan sumber daya pengajar yang dapat mengintegrasikan antara Islam dan ilmu pengetahuan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengimplementasikan konsep keterpaduan pada Sekolah Islam Terpadu.</p>2023-07-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiranhttp://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/84IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN TAMBANG2023-07-13T23:28:25+07:00Lia Amelialiaamelia880@gmail.com<p>Bahasa asing pertama di Indonesia adalah bahasa Inggris, oleh karena itu proses pembelajarannya harus dilakukan secara bertahap. Pemilihan metode merupakan posisi yang paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Metode Montessori merupakan metode pendidikan untuk anak usia dini, metode Montessori diterapkan terutama pada anak usia pra sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya pada pendidikan menengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah mengetahui bagaimana penerapan metode Montessori dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan anak usia dini untuk mengenal kosa kata dan memberikan motivasi dalam menggunakan bahasa Inggris.</p>2023-07-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiranhttp://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/85MANAJEMEN KESISWAAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PADA TINGKAT MADRASAH2023-07-13T23:40:10+07:00Muli Prima Aldi muliprimaaldi@stainurulfalah.ac.id<p><em>Student Management is the management of activities that focus on regulation, supervision and service to students, both inside and outside the classroom and starting from the beginning of entry / even before entering to the end / graduation of the institution effectively and efficiently where the point is student management in madrasah help students to develop themselves in accordance with the programs carried out by the madrasa</em></p>2023-07-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiranhttp://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/92KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU TAIMIYAH2023-12-01T23:35:02+07:00Marhamahmarhamah2298@gmail.comEva Dewievadewi@uin-suska.ac.idDjefrin E. Hulawadjeprin.ehulawa@uin-suska.ac.idAlwizaralwizar@uin-suska.ac.id<p>Kajian ini membahas tentang teori dan pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah. Pemikirannya dalam bidang pendidikan ialah respon terhadap berbagai masalah yang di hadapi masyarakat islam pada masa nya yang menuntut pemecahan melalui jalur pendiidkan. Di antara pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah ialah tentang falsafah pendidikan, kurikulm, bahasa pengantar dalam pengajaran, tujuan pendidikan, metode, serta etika guru dan murid. </p>2023-11-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiranhttp://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/99ANALISIS BEASISWA KIP KULIAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN 20232023-12-05T15:28:57+07:00Mica Siar Meirizaalthamira@yahoo.comGraciela Br Sembiringgracielakembaren@gmail.comVidia Wardanavidiawrdna02@gmail.comMelody Sitorusmelodisitorus15@gmail.comNur Sakinahsakinahasibuan@mhs.unimed.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar penerima beasiswa KIP-K fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan angket yang disebarkan dalam bentuk Google form yang memungkinkan responden untuk berbagi pendapat mereka tentang berbagai pernyataan atau pertanyaan yang terdapat didalamnya. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan beberapa tahap dalam pengolahan data yakni, tabulasi data, deskripsi data, dan analisis data, juga pembahasan yang akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan. Subjek penelitan terdiri atas 11 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K yang berasal dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beasiswa KIP-K memberikan dampak yang positif terhadap motivasi siswa dalam belajar, baik dari segi intrinsik maupun ekstrinsik. Beasiswa KIP-K juga membantu mahasiswa mengatasi kendala finansial, akademik, dan sosial yang mereka hadapi selama kuliah.</p>2023-12-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran