EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Denny Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v12i2.4

Keywords:

Teacher, Madrasah Ibtidaiyah, Learning, Thematic

Abstract

Penerapan pembelajaran tematik dapat memberikan keterhubungan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Dengan penerapan pembelajaran tematik akan membantu para siswa membangun kebermaknaan konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang baru dan lebih kuat. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Pembelajaran tematik sebagai pembelajaran terpadu yang mana dalam pelaksanaannya kegiatan penyampaian materi pelajaran disajikan secara terpadu atau terintegrasi antara satu mata pelajaran dengan yang lainnya. Secara sederhana,Pembelajaran Tematik dapat diartikan sebagai pembelajaran yang memuat konsep pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk
mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada para peserta didik

Downloads

Published

2017-10-01

How to Cite

Wahyuni, D. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 12(2), 24–30. https://doi.org/10.55558/alihda.v12i2.4