ANALISIS DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMPN TAHFIDZ MADANI PASIR PENGARAIAN

Authors

  • Sukron Jamil
  • Muslim Afandi UIN Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Mhd. Subhan UIN Sultan Syarif Kasim, Riau

DOI:

https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.319

Keywords:

diagnosis kesulitan belajar, peserta didik, faktor internal, faktor eksternal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di SMPN Tahfidz Madani Pasir Pengaraian, serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dan strategi intervensi yang diterapkan sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap delapan siswa yang telah teridentifikasi mengalami kesulitan belajar, serta terhadap guru, wali kelas, dan pembina tahfidz sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan belajar yang ditemukan meliputi lambat membaca dan memahami teks, kesulitan mengungkapkan ide tertulis, gangguan perhatian, ketidakmampuan memahami konsep abstrak, serta kecenderungan pasif dan menghindari tugas. Faktor penyebabnya terdiri atas faktor internal seperti keterbatasan kognitif dan rendahnya motivasi belajar, serta faktor eksternal seperti metode pengajaran yang monoton, beban hafalan tahfidz yang tinggi, dan minimnya dukungan belajar dari lingkungan rumah. Strategi diagnosis dan intervensi yang diterapkan meliputi observasi langsung, wawancara informal, program bimbingan belajar, serta kolaborasi antara guru dan pembina tahfidz. Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya sistem diagnosis kesulitan belajar yang terstruktur, kolaboratif, dan berkelanjutan di lingkungan sekolah agar peserta didik memperoleh layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan individual mereka.

References

Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 14-27.

Bimo, S. (2019). Diagnosis dan Intervensi Kesulitan Belajar. Bandung: Alfabeta

Fatih, T. A., Khotimah, H., & Mujiono, M. (2025). Dagnosis Kesulitan Belajar Dalam Perspektif al-Qur’an. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 23(1), 44-57.

Handayani, M., Wibowo, S. B., & Pranoto, H. (2022). Pelaksanaan Diagnosis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Counseling Milenial (CM), 4(1), 86-100.

Hwang, Y. S. (2017). Evaluasi Pembelajaran untuk Siswa dengan Kesulitan Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang Press

Karlina, R., Rn, E. M., Afandi, M., & Subhan, M. (2024). Diagnosis Kesulitan Belajar (Dkb) Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 6(4).

Mabruria, A. (2021). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80-92.

Madini, H., Azharo, A., & Wati, D. R. (2025). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 3(1), 100-108.

Maryani, I., Erviana, V. Y., & Fatmawati, L. (2019). Pendampingan guru sekolah dasar dalam penyusunan program intervensi terhadap siswa berkesulitan belajar. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 293-298.

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. Ika Maryani.

Nurlina, P., & Apit, A. (2024). Manajemen Diagnosis Kesulitan Belajar di SMPN 1 Langkaplancar. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(1), 40-53.

Siagian, R., Simbolon, S. R., Manullang, M., & Turnip, H. (2025). KONSEP DASAR DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 1069-1079.

Silalahi, S. A., Berutu, S. N., Pardede, S., Silitonga, S., & Widiastuti, M. (2023). Studi Kasus Pada Peserta Didik Dalam Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), 146-152.

Suhardi, D. (2019). Teori dan Praktik Diagnostik Kesulitan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Witono, H., Hakim, M., Karma, I. N., & Setiawan, H. (2022). Penyuluhan dan Pelatihan Penggunaan Intrumen Diagnosa Kesulitan Belajar Siswa Bagi Guru SDN 2 Tamansari Lombok Barat. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(2), 1-10.

Yuliana, D. (2018). Psikologi Pendidikan: Memahami Kesulitan Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Sukron Jamil, Muslim Afandi, & Mhd. Subhan. (2025). ANALISIS DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMPN TAHFIDZ MADANI PASIR PENGARAIAN. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(2), 2044–2051. https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.319

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.