IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR

Authors

  • yorman Universitas Nahdlatul Wathan

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.118

Keywords:

pembelajaran kontekstual, keberagaman budaya, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefektifan model pembelajaran kontekstual pada materi keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar. Penelitian ini mengunakan eksperimen semu dengan metode nonequivalent control group design, penelitian eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kontekstual pada materi keberagaman budaya dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya keberagaman budaya dalam kehidupan sehari-hari. Kelas eksperimen yang menggunakan model ini memiliki kemampuan lebih baik dalam mengidentifikasi dan memahami nilai-nilai budaya yang berbeda-beda, serta memiliki kemampuan lebih baik dalam menerapkan nilai-nilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kontekstual pada materi keberagaman budaya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai budaya yang berbeda-beda, serta meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya keberagaman budaya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Susanti, S. (2014). Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2), 9-19. https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1255

Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Jakarta

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif; upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194. http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106

Sari, R.T (2017). ‘Learning Needs Analysis Modules Character Education Through Science Oriented Approach Quantum Learning in Primary Schools’, Journal of Biological Education FKIP Bioedukasi UM Metro, vol. 8, no. 1, pp. 26-32. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v4i1.2252

Hamalik, O. (2008). Curriculum and Learning, Bumi Aksara, Jakarta.

Teaching, C. E., & Environments, L. (2009). First results from TALIS. Teaching and Learning International Survey, OECD.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105-120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Application of Contextual Teaching Learning (CTL) Model to Improve Physics Learning Outcomes in Class XI Students of SMA Handayani Sungguminasa, Gowa Regency. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 4(2).

Afni, N., & Hartono. (2020). Contextual teaching and learning (CTL) as a strategy to improve students' mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1581/1/012043

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABE.

Manshur, F. M., & Husni, H. (2020). Promoting religious moderation through literary-based learning: a quasi-experimental study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 5849-5855. etrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/19864

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(9), 1140-1143.

Pangastutik, D. A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Bialangi, M. S., & Kundera, I. N. (2018). Pengembangan sikap sosial dalam pembelajaran biologi: kajian potensi pembelajaran kooperatif. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 138-145).

Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, L. K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 256-263. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.324

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 69-81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

yorman. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1319–1327. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.118