PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI B 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Mica Siar Meiriza Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Hotman Siboro Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Penus Sinurat Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Nurita Pasaribu Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Syaqinah Ujung Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pendidikan, hasil belajar, motivasi belajar, mahasiswa ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan korelasi yang signifikan antara tingkat motivasi dalam belajar dengan pencapaian akademis mahasiswa dalam lingkungan kelas Pendidikan Ekonomi B, Universitas Negeri Medan, pada tahun 2022. Sampel diambil secara sengaja (purposive) dari responden yang menerima kuesioner dengan tujuan mendapatkan data yang sesuai dan representatif. Penelitian ini memanfaatkan kuesioner sebagai salah satu alat pengumpulan data, sekaligus mengambil nilai hasil belajar mahasiswa dari kelas B Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari instrumen yang digunakan. Proses analisis data memanfaatkan metode regresi. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Fhitung, yakni 44,562, dan Ftabel yang sebesar 4,20 berdasarkan hasil penelitian. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh yang substansial antara motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa di lingkungan kelas tersebut. Pendidikan Ekonomi B tahun 2022. Dengan menggunakan persamaan regresi, prediksi atau estimasi nilai dari variabel kriteria (Y) dapat dilakukan berdasarkan variabel prediktor (X). Analisis menunjukkan bahwa koefisien konstanta pada model linier memiliki Angka signifikansi yang tercatat adalah 0,000, sebuah nilai yang jauh di bawah ambang batas signifikansi yang telah ditetapkan sebesar 0,05, sehingga Ho ditolak. Ini mengindikasikan bahwa koefisien regresi untuk hasil belajar mahasiswa dalam kelas Pendidikan Ekonomi B 2022 memiliki signifikansi yang kuat. Pada tambahan informasi, tercatat nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,614, menunjukkan bahwa sekitar 61,4% variasi dalam hasil belajar mahasiswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar. Sisanya, sekitar 38,6%, kemungkinan terjadi pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam kerangka model yang digunakan.

 

References

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ Science and Phsiscs Education Journal, 57-75.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ Science and Phsics Education Journal, 57-75.

S, W. W. (1991). Bimbingan dan Konseling Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & R, R. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Mica Siar Meiriza, Hotman Siboro, Penus Sinurat, Nurita Pasaribu, & Syaqinah Ujung. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI B 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN . Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1070–1076. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/93