HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 014 AIR MOLEK I

Authors

  • Denny Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

Keywords:

keterampilan Dasar Mengajar, Hasil Belajar

Abstract

Keterampilan dasar mengajar (teaching skill) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan professional. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa  di Sekolah Dasar Negeri 014 Air Molek I. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data yang digunakan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi yang menjadi sumber data berjumlah 27 orang dan berstatus sebagai sampel jenuh. Cara pengumpulan data dengan menggunakan obserpasi terstuktur dan dokumentasi. untuk analisis data mengan menggunakan  analisis Statistik Deskriptif. Adapun kesimpulan yang di peroleh adalah bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 014 Air Molek I pada hasil perhitungan koefisiensi regresi nilai interpretasi product moment menunjukkan bahwa antara variabel x dan y terdapat hubungan korelasi yang “lemah atau rendah” yang terletak pada interval 0,20-0,39 dengan hasil perhitungan nilai r = 0,353. Berdasarkan perbandingan nilai r dengan derajat bebas (db) atau degress of freedom (df) diketahui sebesar 2. Diperoleh perhitungan r product moment lebih kecil dari nilai kritis r product moment.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas Sudijono, 2015, Pengantar Evaluasi Pendidikan, cet.14, ( Jakarta: Rajawali Pers)

Barnawi dan Arifin. M. 2020. Microteaching teori dan praktik pengajaran yang efektif dan kreatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Euis Karwati, dan Donni Juni Priansa, 2015, Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, cet. 2, (Bandung: Alfabeta,)

Farisnatul Fiadana Zila, 2022, Manajemen Kelas, (Surabaya: Scopindo Media Pustaka,)

Karwati, Euis, Donni Juni, dan Priansa. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Leli Halimah. 2020, Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi Untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21, cet.1, Bandung: Refika Aditama,

Shihab, M. Quraish.2005. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. (Yogyakarta: Teras)

Wicaksono, Hardika Tri. 2016. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Gugus Sudirman Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Zamuri, Intan Kusumastuti. 2016. Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV di SD Kecamatan Gunungpati Semarang.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Denny Wahyuni. (2023). HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 014 AIR MOLEK I. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 532–537. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/97