PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS REMAJA MASJID PENINGKATAN DAN PENGUATAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM

Authors

  • Denny Wahyuni
  • Adam Saleh Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan, Remaja Masjid, Kepribadian Muslim

Abstract

Masjid memiliki daya tarik bagi jiwa kaum muda. Pelajaran dan nasehat-nasehat masjid harus diarahkan untuk membekali mereka dengan nilai-nilai agama yang mulia yang bias membersihkan hati mereka, menyelesaikan segala persoalan yang bersifat emosional dan rasional, dan memantapkan hati mereka dengan iman yang mendalam dan akidah yang sehat. Dengan demikian mereka akan menemukan jawaban yang benar yang bias mengatasi segala problem kehidupan yang tengah mereka hadapi. 

Sudah seharusnya pengelola masjid menyambut para pengunjung dengan sedikit sikap toleran dan lunak, supaya para generasi muda tertarik mau mengunjungi tempat ibadah tersebut dengan hati senang buat menambah pengertian agama demi kebaikan dunia dan akhiratnya. Saat ini, di beberapa masjid sudah diselenggarakan pendidikan-pendidikan pada tingkat Ibtidaiyyah (Pemula), Tsanawiyyah (SMP), dan Aliyah (SMA). Keberhasilan semua itu karena dikelola dan mendapatkan perhatian yang semestinya. Dan itu jelas bermanfaat bagi kehidupan ini..

Keyword : , ,,

References

Agus Sujanto (1996) Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis Muslim (2012) Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Samudra Biru.

F.J. Monks, dkk (2006) Psikologi Perkembangan Pegantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Ginandjar Kartasasmitha (1996) Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT Pusaka Cisendo.

Nur Umbiati (1998) Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sarlito W. Sarwono (2011) Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Syamsu Yusuf (2009) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar Sulaiman Al Asyaqar (2003) Ciri-ciri kepribadian muslim. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yadi Purwanto (2007) Psikologi Keribadian. Bandung : Refika Adi Tama.

Zubaedi (2007) Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Denny Wahyuni, & Adam Saleh. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS REMAJA MASJID PENINGKATAN DAN PENGUATAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(2), 697–705. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/101

Most read articles by the same author(s)