WEBINAR MENTAL HEALTH: SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENDUKUNG KESEIMBANGAN EMOSI MAHASISWA BIOLOGI DI TENGAH TUNTUTAN AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.287Keywords:
Kesehatan Mental, Mahasiswa Biologi, Tekanan Akademik, Keseimbangan emosi, Webinar, manajemen stressAbstract
Mahasiswa Biologi kerap menghadapi tekanan akademik yang tinggi akibat beban tugas, tuntutan prestasi, serta keterbatasan waktu, yang berpotensi memengaruhi kesehatan mental mereka. Webinar tentang kesehatan mental diselenggarakan sebagai upaya alternatif untuk membantu mahasiswa menjaga keseimbangan emosi di tengah tantangan tersebut. Artikel ini membahas pelaksanaan, materi, serta dampak dari kegiatan webinar terhadap pemahaman dan kesadaran mahasiswa mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta merasakan manfaat positif berupa peningkatan pengetahuan, kemampuan mengelola stres, serta motivasi untuk lebih peduli terhadap kondisi psikologis mereka. Webinar ini terbukti menjadi solusi edukatif yang efektif dalam mendukung kesejahteraan emosional mahasiswa, khususnya di lingkungan akademik yang penuh tekanan.
References
C. Dewi, EMPOWERING MINDS. 2024.
Jasrial, Sulastri, M. Kristiawan, and A. Saputra, “Development of E-book Teaching Materials in Improving Student Literacy,” Educ. Sci. Theory Pract., vol. 22, no. 1, pp. 62–77, 2022, doi: 10.12738/jestp.2022.1.0006.
S. Shaquilla, Z. Atmaditia, P. Studi, I. Komunikasi, and U. M. Surakarta, “Analisis Resepsi Informasi Kesehatan Mental pada Akun YouTube Satu Persen,” vol. 6, no. 1, 2025.
I. Amal, K. Salsabilla, R. Isma, J. Kn, S. I. Kom, and M. I. Kom, “Sosialisasi Peran Pemuda dalam Pendidikan untuk Membangun Regenerasi yang Berintelektual,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
M. S. Ummah, Webinar kesehatan mental hadir sebagai solusi alternatif yang fleksibel dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa, vol. 11, no. 1. 2024. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
D. Hidayatussyarifah, “PERAN SPIRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI TEKANAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA,” Istifkar J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 2, pp. 157–173, 2024.
T. Martina , Lia , Mega , Novita Susilawati , Martha, “WEBINAR EDUKASI PERAN ORANG TUA DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK DAN WELL-BEING KELUARGA,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, pp. 1434–1447, 2021.
P. A. F. B. S. Meliala, “Kesehatan Mental Mahasiswa Menghadapi Tekanan,” Psikologi, vol. 1, no. 4, pp. 1–11, 2024.
Creswell, Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 2010. doi: 10.4324/9780429469237-3.
A. D. Etika, A. E. Setiadi, and M. Qurbaniah, “Meta Analisis Media Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 9, no. 1, p. 28, 2024, doi: 10.30998/sap.v9i1.22240.
A. Anggraini, C. E. Rahelta, M. A. Simangunsong, T. Arif, Z. Harahap, and S. F. Dalimunthe, “MENTAL MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIMED THE EFFECT OF BOOK READING HABITS ON STUDENTS ’ MENTAL HEALTH AT THE FACULTY OF ENGINEERING , UNIMED,” pp. 6893–6901, 2024.
A. R. C. E. Pertiwi and H. Sihotang, “Upaya Sekolah Meningkatkan Kesehatan Mental Peserta Didik Di Era Digital,” J. Psiko Edukasi ۩, vol. 21, no. 2, pp. 180–195, 2023, doi: 10.25170/psikoedukasi.v21i2.4946.
R. M. Alaydrus, “Membangun Kontrol Diri Remaja Melalui Pendekatan Islam dan Neuroscience,” Psikologika J. Pemikir. dan Penelit. Psikol., vol. 22, no. 2, pp. 15–27, 2017, doi: 10.20885/psikologika.vol22.iss2.art2.
T. A. Rosbandi, “Proses Neurologis dalam Perkembangan Otak Remaja : Sebuah Tinjauan Psikologi,” Lit. Notes, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2025.
V. O. Pangemanan, D. E. Manery, A. M. Ukratalo, B. E. Nanere, Y. A. Embisa, and A. R. Assagaf, “Hubungan Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa S1 Biologi FMIPA Universitas Pattimura Dalam Proses Penyusunan Skripsi,” J. Anestesi, vol. 2, no. 3, pp. 31–38, 2024, doi: 10.59680/anestesi.v2i3.1103.
A. Rosmalina and T. Khaerunnisa, “Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja,” Prophet. Prof. Empathy, Islam. Couns. J., vol. 4, no. 1, p. 49, 2021, doi: 10.24235/prophetic.v4i1.8755.
N. Nanda, L., “Peran Keluarga dalam Meningkatkan Kesadaran Tentang Kesehatan Mental Novia Lisma Nanda Departemen Pendidikan Non Formal , Universitas Negeri Padang Kesehatan mental adalah aspek penting dari kesejahteraan individu yang memengaruhi cara berpikir , merasa ,” no. 1, 2025.
A. dan Destiawati, “Strategi Komunikasi Persuasif dalam Menghadapi Stigma Kesehatan Mental Menggunakan Pendekatan Inklusif Persuasive Communication Strategies in Dealing with Mental Health Stigma Using an Inclusive Approach,” J. ILMU Pemerintah. DAN ILMU Komun., vol. 3, no. 2, pp. 124–134, 2024.
E. ’first Ar and A. Astriyani, “Webinar Peran Kompetensi Pedagogi Dan Pentingnya Literasi Digital Abad 21 Untuk Membangun Generasi Z Yang Tangguh,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy., pp. 2–0, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnas
Parmita, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA. 2024.
A. Fauzan, “Analisis Resepsi Generasi Z Terhadap Pendidikan Kesehatan Mental dalam Youtube Channel Satu Persen,” pp. 5351–5365, 2024, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/48995/19321216.pdf?sequence=1














