PENGELOLAAN KELAS DAN ASPEK – ASPEK DALAM KELAS

Authors

  • Mutiara Ayu Pratiwi Tiara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agus Susanto Agus Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nasywa Raysha Putri Nasywa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safira Nur Azizah Safira Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Salvina Cahya Az-Zahra Salvina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.274

Keywords:

pelaksanaan, pengendalian, manajemen kelas, pengorganisasian

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu aspek krusial dalam menunjang keberhasilan proses

pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan praktik pengelolaan kelas

yang efektif, serta aspek-aspek manajerial yang terlibat di dalamnya. Metode yang digunakan adalah

kualitatif deskriptif berbasis studi kepustakaan, dengan teknik analisis isi dan interpretatif terhadap berbagai

sumber literatur akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mencakup pendekatan

preventif dan kuratif, serta penerapan fungsi- fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian,

pengarahan, dan pengendalian. Selain itu, perencanaan ruang kelas yang efektif juga menjadi faktor penting

dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan memahami dan mengimplementasikan prinsip-

prinsip pengelolaan kelas secara menyeluruh, guru diharapkan mampu membentuk lingkungan pembelajaran

yang tidak hanya mendukung pencapaian akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan keterampilan

sosial peserta didik

References

Ali, N., Informatika, T., & Islam, P. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Bab Fikih Pada Mata

Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. 3(1), 28–35.

Erwin Widiasworo, S. P. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas (1st ed.). yogyakarta: DIVA Press. Retrieved

from https://books.google.co.id/books?hl =id&lr=&id=hZmyDwAAQBAJ&oi

=fnd&pg=PA5&dq=pengelolaan+ke las&ots=i- wKLz7LG&sig=1TnqGX4

XrSZSLGtHjcwwZZaH7o&redir_es c=y#v=onepage&q=pengelolaan kelas&f=false

Karunia. (2016). KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS 4 DAN 5 SD NEGERI PANDEYAN,

MBULHARJO, YOGYAKARTA. 4(June), 2016.

lexy j, M. (2017). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal

Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i 01.1769

Nuzulia, A. (1967). Tujuan Pengelolaan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951 952.,

–24.

Priansa, D. J., & Karwati, E. (2015). Manajemen Kelas (Manajemen Kelas). Bandung: Alfabeta.

Saifulloh, A., & Safi’i, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Educan : Jurnal Pendidikan Islam,

(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i 1.1303

Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan

Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v 10i2.953

Sugiyono. (1967). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. Retrieved from

https://www.academia.edu/1189036 76/Metode_Penelitian_Kuantitatif_

Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugi ono

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Tiara, M. A. P., Agus , A. S. ., Nasywa, N. R. P. ., Safira , S. N. A. ., & Salvina , S. C. A.-Z. . (2025). PENGELOLAAN KELAS DAN ASPEK – ASPEK DALAM KELAS. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(2), 2013–2020. https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.274

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.