PENGELOLAAN KELAS DAN ASPEK – ASPEK DALAM KELAS
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.274Keywords:
pelaksanaan, pengendalian, manajemen kelas, pengorganisasianAbstract
Pengelolaan kelas merupakan salah satu aspek krusial dalam menunjang keberhasilan proses
pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan praktik pengelolaan kelas
yang efektif, serta aspek-aspek manajerial yang terlibat di dalamnya. Metode yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif berbasis studi kepustakaan, dengan teknik analisis isi dan interpretatif terhadap berbagai
sumber literatur akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mencakup pendekatan
preventif dan kuratif, serta penerapan fungsi- fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian. Selain itu, perencanaan ruang kelas yang efektif juga menjadi faktor penting
dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan memahami dan mengimplementasikan prinsip-
prinsip pengelolaan kelas secara menyeluruh, guru diharapkan mampu membentuk lingkungan pembelajaran
yang tidak hanya mendukung pencapaian akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan keterampilan
sosial peserta didik
References
Ali, N., Informatika, T., & Islam, P. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Bab Fikih Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. 3(1), 28–35.
Erwin Widiasworo, S. P. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas (1st ed.). yogyakarta: DIVA Press. Retrieved
from https://books.google.co.id/books?hl =id&lr=&id=hZmyDwAAQBAJ&oi
=fnd&pg=PA5&dq=pengelolaan+ke las&ots=i- wKLz7LG&sig=1TnqGX4
XrSZSLGtHjcwwZZaH7o&redir_es c=y#v=onepage&q=pengelolaan kelas&f=false
Karunia. (2016). KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS 4 DAN 5 SD NEGERI PANDEYAN,
MBULHARJO, YOGYAKARTA. 4(June), 2016.
lexy j, M. (2017). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal
Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i 01.1769
Nuzulia, A. (1967). Tujuan Pengelolaan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951 952.,
–24.
Priansa, D. J., & Karwati, E. (2015). Manajemen Kelas (Manajemen Kelas). Bandung: Alfabeta.
Saifulloh, A., & Safi’i, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Educan : Jurnal Pendidikan Islam,
(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i 1.1303
Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan
Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v 10i2.953
Sugiyono. (1967). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. Retrieved from
https://www.academia.edu/1189036 76/Metode_Penelitian_Kuantitatif_
Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugi ono














