REVOLUSI PARADIGMA DALAM ILMU PENGETAHUAN: TELAAH KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN THOMAS S. KHUN
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.268Keywords:
: Paradigm, Scientific Revolution, Thomas KuhnAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan tidak selalu bersifat linier dan kumulatif, melainkan mengalami perubahan revolusioner ketika paradigma lama tidak lagi mampu menjelaskan fenomena baru. Thomas S. Kuhn memperkenalkan konsep revolusi ilmiah sebagai respons terhadap keterbatasan pandangan positivisme dan falsifikasi dalam menjelaskan dinamika ilmu. Melalui pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini mengkaji secara kritis pemikiran Kuhn tentang revolusi paradigma dalam ilmu pengetahuan. Hasil telaah menunjukkan bahwa paradigma berperan sebagai kerangka berpikir yang memandu komunitas ilmiah dalam menyelesaikan teka-teki ilmiah, namun bersifat sementara dan dapat digantikan oleh paradigma baru melalui proses anomali, krisis, dan revolusi ilmiah. Pemikiran Kuhn juga relevan dalam konteks keilmuan Islam, yang menuntut pembaruan paradigma agar ajaran Islam tetap kontekstual dan responsif terhadap tantangan zaman.
Kata Kunci: Paradigma, Revolusi Ilmiah, Thomas Kuhn
References
Almas, A. F. 2018. “Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn Dalam Ilmu Dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning Dan Discovery Learning).” Jurnal At-Tarbawi 3 (1): 89–106.
Bagus, Lorens. 2001. Kamus Filsafat. Yogyakarta: Rakaserasi.
Diamastuti, E. 2015. “Paradigma Ilmu Pengetahuan Sebuah Telaah Kritis.” Jurnal Akuntansi Universitas Jember.
Digarizki & Anang. 2020. “Epistemologi Thomas S. Kuhn: Kajian Teori Pergeseran Paradigma Dan Revolusi Ilmiah.” Jurnal Humanitas, 7(1), 23–34.
Farid, E. K. 2021. “Paradigma Dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn Serta Relevansinya Dalam Ilmu-Ilmu Keislaman.” Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam.
Hadi, Robith Abdillah. 2018. “Ilmu Komunikasi dalam Paradigma Revolusi Sains Thomas Kuhn, Indonesian.” Journal Of Islamic Communication.
Heriyanto, H. 2003. Paradigma Holistik Dialog Filsafat, Sains, Dan Kehidupan Menurut Shadra Dan Whitehead. Jakarta: Teraju.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima V.0.2.1 Beta (21).
Kuhn, Thomas S. 1962. The Structure of Scientific Revolution Leiden: Institut Voor Theoretische Biologie.
Lubis, Akhyar Yusuf. 2015. Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Murabbi, A. 2014. “Revolusi Ilmiah Thomas Samuel Khun (1922-1996) Dan Relevansinya Bagi Kajian Keislaman.” Jurnal Mu’ammar Zayn Qadafy 1 (1).
Nurkhalis. 2012 “Konsep Epistimologi Paradigma Thomas Kuhn.” Jurnal Substantia, 14(2).
———. 2012. “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn.” Jurnal Ilmiah Islam Futura.
Ritzer, G. 2004. Sosiologi Pengetahuan Berparadigma Ganda, Terj. Alimandan (Cet. 5). Jakarta: Rajawali Press.
Sabila, N. A. 2019. “Paradigma Dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn (Aspek Sosiologis, Antropologis, Dan Historis Dari Ilmu Pengetahuan).” Jurnal Pemikiran Islam.
Saefuddin, Ahmad Muflih. 1991. Pembaharuan Pemikiran Islam: Sebuah Pengantar, Dalam Percakapan Cendekiawan Tentang Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Syaodih, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulya & Abid. 2015. “Pemikiran Thomas Kuhn Dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam.” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 3(2).
Upe. 2010. Asas-Asas Multiple Researches: Dari Nornam K.Denzim Hingga John W. Creswell Dan Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
Zubaedi. 2007. Filsafat Barat (Dari Logika Baru Rene Descartes Hingga Revolusi Sains Ala Thomas Kuhn). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.














