PENERAPAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SMU NEGERI 1 KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INHU

Authors

  • Afrida Yanis STAI Nurul Falah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.59

Keywords:

Penerapan, manajemen, mutu berbasis sekolah

Abstract

Tulisan ini dimaksudkan untuk mengungkap persoalan inti yang ada di Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu sebagai akar penghambat dalam peningkatan mutu Sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu dihadapakan pada posisi yang dilematis sebagai lembaga pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan semestinya Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu diberikan kewenangan yang luas dalam pengelolaan Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu, terlebih saat ini adalah era otonomi daerah. Pada era otonomi saat ini salah satu konsep yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan Manajemen berbasis sekolah. MBS merupakan strategi untuk mewujudkan sekolah menjadi lebih bermutu dengan memberikan wewenang yang luas kepada Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu. Walaupun Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu berada di bawah naungan Pemerintah namun konsep MBS tetap dapat diimplementasikan berdasaran atas kesesuaian MBS sebagai strategi mengatasi masalah Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu. Pengimplementasian Manajemen Berbasis Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sekolah Menengah Umum N 1 Kecamatan Pasir Penyu sebagai lembaga.

 

Kata Kunci : Penerapan, manajemen, mutu berbasis sekolah

References

Akdon dan Sahlan Hadi.2005. Aplikasi statistika metode penelitian untuk administrasi & manajemen, Bandung : Dewa Ruchi.

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Bahri, Syaiful, Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2006 . Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Agam RI.

E. Mulyasa.2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama.

Freud S, S.2009. A General Introduction to Psychoanalysis. London: Hogart Press.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Yanis, A. . (2020). PENERAPAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SMU NEGERI 1 KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INHU. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(2), 585–591. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.59