PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KELAYANGKECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Authors

  • Afrida Yanis

Keywords:

Manajemen, Kearsipan, Kualitas, Pelayanan

Abstract

Manajemen kearsipan adalah pengerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pemeliharaan pengawasan, pemindahan, dan pemusnahan. Kegiatan administrasi akan  lebih efektif apabila didukung dengan manajemen baik. Sementara untuk mewujudkan manajemen yang baik salah satunya adalah dengan tersedianya informasi yang akurat, tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus diambil dengan cara Angket (kuesioner) dan dokumentasi  pada objek yang sedang diteliti. Hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen kearsipan terhadap kualitas pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Dari hasil analisis menggunakan rumus korelasi product moment dengan Interpretasi menggunakan tabel nilai “r”: df  = 23. Demikian memeriksa tabel nilai “r” product moment df  = 23, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,413. Karena rxy pada taraf signifikansi 5% kecil dari r tabel yaitu -0,340 < 0,413 maka pada taraf signifikansi 5% yaitu Ha = ditolak dan Ho = diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% itu tidak terdapat pengaruh signifikan antara manajemen kearsipan dengan kualitas pelayanan. Maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa tinggi rendahnya kualitas manajemen kearsipan tidak dipengaruhi oleh kualitas pelayan. Hasil tersebut memiliki makna bahwa hasil hipotesis yang berbunyi yaitu “ Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kearsipan terhadap kualitas pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam penelitian ini di sarankan kepada staf dan guru SMKN 1 kelayang Untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam proses kearsipan agar proses pelaksanaan manajemen kearsipan berjalan dengan baik.

References

Abdullah,M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja

Amsyah,Z. 2015. Manajemen kearsipan. Jakarta : Gramedia pustaka utama

Azis,R. 2016. administrasi pendidikan. Yogyakarta: Sibuku.

Barthos,B. 2015. manajemen kearsipan. Jakarta: Bumi aksara diakses pada 10 Januari 2022

Sugiarto A. & Wahyono T. manajemen kearsipan modern. Yogyakarta: gava media.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta

Suraja, Y. 2006. Manajemen Kearsipan. Malang: Dioma.

Triwiyanto,T. 2014. Pengantar pendidikan. Jakarta: Aksara.

Wahab, W. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah industry perbankan Syariah di kota Pekanbaru”, Jurnal kajian ekonomi Islam. 2. (1). (2017).

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Afrida Yanis. (2023). PENGARUH MANAJEMEN KEARSIPAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KELAYANGKECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 17(1), 707–726. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/79