INTEGRASI SAINS DAN ISLAM PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA

Authors

  • Nurwahid Ihsanudin
  • Nur Soleh

Keywords:

Integrasi, sains dan Islam, Sekolah Islam Terpadu

Abstract

Berkembangnya Sekolah Islam Terpadu  membawa warna dan ciri khas yang berbeda pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia bila dibandingkan dengan madrasah dan pesantren. Sekolah Islam Terpadu memadukan antara pendidikan agama yang menjadi ciri khas dari pesantren dan pendidikan modern yang menjadi ciri khas dari sekolah umum. Konsep keterpaduan dibangun dengan memadukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum dalam satu kurikulum. Mata pelajaran dan kegiatan pembinaan yang disajikan terintegrasi satu sama lainnya dengan nilai-nilai Islam. Metode penulisan menggunakan kajian pustaka untuk mengetahui integrasi sains dan Islam di sekolah Islam terpadu. Hasil penelitian dapat disimpulkan konsep  integrasi antara Islam dan ilmu pengetahuan pada sekolah Islam Terpadu sudah tertuang dalam kurikulum. Namun keterbatasan sumber belajar dan sumber daya pengajar yang dapat mengintegrasikan antara Islam dan ilmu pengetahuan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengimplementasikan konsep keterpaduan pada Sekolah Islam Terpadu.

References

A. Basyari & Hidayatullah, (2017) Membangun Sekolah Islam Unggulan, (Jakarta: Penerbit Erlangga

Azra, Azyumardi, (2020) Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi menuju millennium baru,Logos, Jakarta

Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I 2017

Fajri Ismail, Pelaksanaan Kurikulum JSIT, Jurnal MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman. Vol. 08 No. 01 Januari-Juni 2018

Jsit-indonesia.com/pengertian-sekolah-islam-terpadu

JSIT Indonesia, Makna ‘TERPADU’ pada SIT. https://jsitindonesia.com/sample-page/makna-terpadu-pada-sit/

Lubis,Ahmad Sekolah Islam Terpadu dalam Sejarah Pendidikan di Indonesia, Jurnal penelitian Sejarah dan budaya, Vol. 4 no 2, 2018

Maksudin, Pendidikan Islam Alternatif, Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School. Yogyakarta: UNY Press.2010

Mualimin, (2017) Lembaga Pendidikan Islam Terpadu, AtTazkiyah; Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, no 1 2017

Ramayulis, (2012) Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep, Filsafat, Dan Metodologi Pendidikan Islam Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara. Jakarta; Radar Jaya Ofset

Sarwi, (2018) Integrasi Sains Islami Bidang Pendidikan Membentuk Karakter Positif Di Era Digital, PROSIDING Seminar Nasional PendidikanFisika FITK UNSIQ. Vol 1. 2018

Septiana, N. (2020) Kajian Terhadap Pemikiran Ismail Raji Alfaruqi Tentang Islamisasi Sains. Journal of Islamic Education (JIE)

Suyatno, S. (2013) Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_____________, Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional”, Jurnal “Al-Qalam” . UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Volume 21 Nomor 1 Juni 2015.

Tim Mutu JSIT Indonesia, (2014) Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta

Wahab, R. (2012) Desain Pendidikan Terpadu. Jakarta: UNY

Zed, Mestika (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Nurwahid Ihsanudin, & Soleh, N. . (2023). INTEGRASI SAINS DAN ISLAM PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU DI INDONESIA. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 850–865. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/83