PENGEMBANGAN FLIPBOOK EMOSAPUS BERBASIS LITERASI BUDAYA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.295Keywords:
flipbook, menulis puisi, literasi budaya, EMOSAPUSAbstract
Latar belakang penelitian ini rendahnya minat serta keterampilan menulis puisi, ditambah keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa flipbook EMOSAPUS untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan diuji coba pada siswa kelas IV SD 1 Soco. Hasil validasi menunjukkan media tergolong sangat baik dan layak digunakan tanpa perbaikan. Uji coba menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 68 dan postest 95. Nilai N-gain mencapai 0,73, masuk dalam kategori tinggi. Respon guru menunjukkan kategori sangat baik dengan skor persentase 82% sehingga dapat dijadikan contoh. Hasil respon siswa juga menunjukkan kategori sangat baik dengan skor 95% dan juga dapat dijadikan contoh pembelajaran. Media dinilai menarik, efektif, serta mampu meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam menulis puisi yang berakar pada budaya lokal Semarang.
References
Adawiyah, S. R., & Yanti, P. G. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV SDN Pesanggrahan 05 , Jakarta Selatan. 4(1), 23–33.
Arifa, D., Sari, N. W., Widodo, S. T., & Aniswatin, N. (2023). Pengembangan Buku Ajar Norma Dan Penerapannya Berbasis Kearifan Lokal Semarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 12(3), 152–159. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i3.76568
Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Cahyanti, E. D., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbantuan Media Audiovisual. SEMNARA, 199–208.
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 35–43.
Hanifah, Q. H., Wijayanti, A. R., Shofiyatun, S., & Setiawaty, R. (2022). Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(2019), 588–598.
Ike Nur Rahmawati, T., Azizah, M., & Reffiane, F. (2023). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang Mengenai Pengalamanku Di Tempat Wisata Sebagai Literasi Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3028–3036. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1178
Kancanadana, G., Pertiwi, C. P., & Astuti, A. P. (2024). Cultural Literacy Flipbook: Meningkatkan Literasi Budaya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Kanigoro. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(2), 572–580.
Mardilah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Location Technic Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Panjatan. 2(2), 1–23.
Nanda Safitri, S., Churiyah, M., Arief, M., & Zen, F. (2021). Pengembangan E-modul berdasarkan aplikasi Pdf Flipbook untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan belajar mandiri peserta didik (E-module based on the corporate Pdf Flipbook application which is useful in the Covid-19 era). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 589–599. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599
Nur’ Ajmiy, F., & Khoirul Umam, N. (2023). Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654–1667. Adawiyah, S. R., & Yanti, P. G. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV SDN Pesanggrahan 05 , Jakarta Selatan. 4(1), 23–33.
Arifa, D., Sari, N. W., Widodo, S. T., & Aniswatin, N. (2023). Pengembangan Buku Ajar Norma Dan Penerapannya Berbasis Kearifan Lokal Semarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 12(3), 152–159. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i3.76568
Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Cahyanti, E. D., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbantuan Media Audiovisual. SEMNARA, 199–208.
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 35–43.
Hanifah, Q. H., Wijayanti, A. R., Shofiyatun, S., & Setiawaty, R. (2022). Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(2019), 588–598.
Ike Nur Rahmawati, T., Azizah, M., & Reffiane, F. (2023). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang Mengenai Pengalamanku Di Tempat Wisata Sebagai Literasi Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3028–3036. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1178
Kancanadana, G., Pertiwi, C. P., & Astuti, A. P. (2024). Cultural Literacy Flipbook: Meningkatkan Literasi Budaya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Kanigoro. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(2), 572–580.
Mardilah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Location Technic Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Panjatan. 2(2), 1–23.
Nanda Safitri, S., Churiyah, M., Arief, M., & Zen, F. (2021). Pengembangan E-modul berdasarkan aplikasi Pdf Flipbook untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan belajar mandiri peserta didik (E-module based on the corporate Pdf Flipbook application which is useful in the Covid-19 era). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 589–599. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599
Nur’ Ajmiy, F., & Khoirul Umam, N. (2023). Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654–1667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6984
Prabowo, M. P., & Cahyaningtyas, A. P. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SDN Sanggarahan. 10(1), 1–15.
Pratiwi.N, A., Paida, A., & Ratnawati. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Mallengkeri I Kota Makassar. Jurnal Riset Guru Indonesia, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i2.294
Pujiastuti, H., & Dewi, R. S. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dengan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan. 10(1), 404–413.
Rohilah, Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 148–155.
Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. 4(3), 474–485.
Setiawaty, R., Zahra, O. A., Ariyani, F., Wardani, K. U., & Rahayu, S. (2023). Pengembangan Modul Teks Deskripsi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ide Pokok Bacaan Siswa Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5517–5531.
Sigit Vebrianto Susilo, Devi Afriyuni Yonanda, & Rieta Pratiwi. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978
Utami, N. C. M., Harefa, M. M., Pudjiati, I., & Fitriani, L. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar: Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1319–1332.














