DAMPAK METODE PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PRODI PPKN UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.301Keywords:
Learning Methods, YouTube Social Media, Learning InterestAbstract
Kemajuan teknologi digital telah mentransformasi metode pembelajaran di pendidikan tinggi, salah satunya melalui pemanfaatan YouTube sebagai platform edukatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak metode pembelajaran berbasis YouTube terhadap minat belajar mahasiswa semester VI Program Studi PPKn Universitas Bhinneka PGRI. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif yang digunakan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 57 responden. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan YouTube terhadap minat belajar (T hitung = 15,176 > T tabel = 0,2609; Sig. 0,01 < 0,05; R² = 0,807). Kendala yang diidentifikasi meliputi rendahnya literasi digital, akses internet tidak stabil, dan kesulitan menemukan konten edukatif yang relevan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi YouTube secara terstruktur ke dalam kurikulum serta peningkatan pelatihan literasi digital bagi mahasiswa dan dosen, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan media Youtube.
References
APJJI. (2024). No TitleSurvei Pengguna Internet di Indonesia 2023-2024. https://apjii.or.id/.
Djatmiko, A. A., & Putra, T. D. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Mahasiswa di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v4i2.2403
Global Overview Report, (2025). kepios.https://datareportal.com/reports/digital-2025-global-overview-report.
Mahmudah, A. F., Indriani, F. F., Aliyah, M., & Sulthoniyah, L. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya di SD/MI. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.14909
Meiliza, Z., St. Harpiani, S. H., Baktiar, M., & Hustiana, H. (2023). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Media Youtube Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 11(2), 271–280. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i2.3991
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nitami, L. I. (2023). Kala Manca : Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(03), 69–74.
Nur Haliza, S., Sri Mujiwati, E., & Aziz Hunaifi, A. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code dan Google Sites pada Materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.129
Nurwanti, T., Suryandari, S., Desiningrum, N., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2024). Pengaruh Media Youtube Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu dapat memanfaatkan dan mempergunakan teknologi sebagai media pembelajaran proses pembelajaran . Maraknya sosial me. 2, 296–311.
Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59
Ramdoni, M. R., Idi, A., & Afgani, M. W. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Youtube Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.14857
Sihombing, L. (2020). Pendidikan Dan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.159
Syahrum, M. (2022). Pengantar Metodologi Penelitia Hukum Kajian Penelitian Normatif, Empiris Penulisan Proposal, Skripsi, dan Tesis (I. Marhani (ed.); Pertama). DOTPLUS publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hNFiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penelitian+kajian+empiris&ots=AXJWbEoqfe&sig=2t9fh_gAZ-xy67JW3bOZgNz8H5Y&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true
Ta’i, Y., Manggus, M. Y., Inggo, M. S., Bhena, M. M. O., Weo, M. S., Baka, M. Y., Lawe, Y. U., & Kaka, P. W. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 82–88. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1545
Utami, V., & Armida, A. (2024). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Salingka Nagari, 3(1), 144–155. https://doi.org/10.24036/jsn.v3i1.201
Wardianto, M., Cahyo, B., Adhi, S., Romadhan, M. I., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Intensitas Menonton Youtube. 2(01).
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561














