DAMPAK METODE PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PRODI PPKN UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI

Authors

  • Dewi Afriani Universitas Bhinneka PGRI
  • Andreas Andrie Djatmiko Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.301

Keywords:

Learning Methods, YouTube Social Media, Learning Interest

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mentransformasi metode pembelajaran di pendidikan tinggi, salah satunya melalui pemanfaatan YouTube sebagai platform edukatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak metode pembelajaran berbasis YouTube terhadap minat belajar mahasiswa semester VI Program Studi PPKn Universitas Bhinneka PGRI. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif yang digunakan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 57 responden. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan YouTube terhadap minat belajar (T hitung = 15,176 > T tabel = 0,2609; Sig. 0,01 < 0,05; R² = 0,807). Kendala yang diidentifikasi meliputi rendahnya literasi digital, akses internet tidak stabil, dan kesulitan menemukan konten edukatif yang relevan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi YouTube secara terstruktur ke dalam kurikulum serta peningkatan pelatihan literasi digital bagi mahasiswa dan dosen, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan media Youtube.

References

APJJI. (2024). No TitleSurvei Pengguna Internet di Indonesia 2023-2024. https://apjii.or.id/.

Djatmiko, A. A., & Putra, T. D. S. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Mahasiswa di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v4i2.2403

Global Overview Report, (2025). kepios.https://datareportal.com/reports/digital-2025-global-overview-report.

Mahmudah, A. F., Indriani, F. F., Aliyah, M., & Sulthoniyah, L. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya di SD/MI. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.14909

Meiliza, Z., St. Harpiani, S. H., Baktiar, M., & Hustiana, H. (2023). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Media Youtube Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 11(2), 271–280. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i2.3991

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nitami, L. I. (2023). Kala Manca : Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(03), 69–74.

Nur Haliza, S., Sri Mujiwati, E., & Aziz Hunaifi, A. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Berbasis Qr Code dan Google Sites pada Materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.129

Nurwanti, T., Suryandari, S., Desiningrum, N., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2024). Pengaruh Media Youtube Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu dapat memanfaatkan dan mempergunakan teknologi sebagai media pembelajaran proses pembelajaran . Maraknya sosial me. 2, 296–311.

Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59

Ramdoni, M. R., Idi, A., & Afgani, M. W. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Youtube Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.14857

Sihombing, L. (2020). Pendidikan Dan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.159

Syahrum, M. (2022). Pengantar Metodologi Penelitia Hukum Kajian Penelitian Normatif, Empiris Penulisan Proposal, Skripsi, dan Tesis (I. Marhani (ed.); Pertama). DOTPLUS publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hNFiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penelitian+kajian+empiris&ots=AXJWbEoqfe&sig=2t9fh_gAZ-xy67JW3bOZgNz8H5Y&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true

Ta’i, Y., Manggus, M. Y., Inggo, M. S., Bhena, M. M. O., Weo, M. S., Baka, M. Y., Lawe, Y. U., & Kaka, P. W. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 82–88. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1545

Utami, V., & Armida, A. (2024). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Salingka Nagari, 3(1), 144–155. https://doi.org/10.24036/jsn.v3i1.201

Wardianto, M., Cahyo, B., Adhi, S., Romadhan, M. I., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Intensitas Menonton Youtube. 2(01).

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Dewi Afriani, & Andreas Andrie Djatmiko. (2025). DAMPAK METODE PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PRODI PPKN UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(2), 2186–2195. https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.301

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.