PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING BERBASIS DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.124Keywords:
Kurikulum Pembelajaran IPS, SCL, DiskusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di era digitalisasi. Dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari bahan dan data-data dari buku maupun jurnal. Dengan demikian peneliti ini dapat menggunakan semua informasi dan pemikiran yang relevan bagi para pembacanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran IPS saat ini memerlukan integrasi isu-isu global kontemporer dan penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi kebutuhan mendesak untuk pengembangan profesional guru agar dapat mengajar menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa abad ke-21 yang merupakan era digitaliasasi. Selanjutnya, penelitian ini merekomendasikan strategi untuk memperkuat keterampilan kritis dan analitis siswa dalam menghadapi perkembangan pembelajaran era digital. Kesimpulan utama menekankan pada pentingnya kerjasama antara lembaga pendidikan dan pembuat kebijakan dalam merancang dan membuat kurikulum yang adaptif dan berkelanjutan.
References
Emilia Susanti, Akmal Pengantar IPS Terpadu dan Pembelajaran, Kreasi Edukasi, hal. 66-73
Farhani Riki Refanda, Dzarna Penerapan Metode Student Centered Learning pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates Jember, Journal of Education Research, 4(4),
Mifrahi, M. N. Penerapan Blended Learning Berbasis Student Centered Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomika Bagi Generasi Z, Refleksi Pembelajaran Inovatif, Vol. 1, No. 2, 2019
Neti Hairunisa, Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi. Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Sumber Agung Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat, Jurnal Manajemen & Pendidikan, Vol 02 No.07, 2023
Rosane Medriati, Eko Risdianto, Penerapan Pendekatan Student Canterd Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3 No. 1, April 2020