MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DALAM JARINGAN (DARING)

Authors

  • Novri Susanti Suparman

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.77

Keywords:

Pembelajaran Fiqh, Dalam Jaringan, Minat Belajar, Peserta didik

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat, bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab atas keberhasilan dan kemajuaan pendidikan di Indonesia akan tetapi semua pihak guru, orang tua maupun peserta didik sendiri ikut bertanggung jawab. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Jadi belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang telah dianggap belajar jika dia menunjukan perubahan pola fikir dan prilaku. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan segala keadaan, pembelajaran daring merupakan hal yang lumrah dilakukan saat ini. Fiqh merupakan mata pelajaran yang disajikan di sekolah islam dan merupakan salah satu mata pelajaran yang fundamental dalam hidup.

References

Ahmad. 2013. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ahmadi, Abu. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ahmad, Beni Saebani. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Senia

Ahmad, Rofi‟i. 2009. Pembelajaran Fiqih. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikangama RI

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Asmani, Jamal Ma‟mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Bahrudin. 2016. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Bilfaqih, Yusuf. 2012. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Novri Susanti Suparman. (2023). MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DALAM JARINGAN (DARING) . Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 17(1), 681–693. https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.77

Most read articles by the same author(s)