PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS

Authors

  • Novri Susanti Suparman STAI Nurul Falah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.61

Keywords:

Al-qur'an, Hadits

Abstract

Mempelajari Al-Qur’an Hadits adalah kewajiban bagi seluruh kaum muslimin, karena keduanya merupakan sumber hukum agama Islam. Sebagai pegangan dan pedoman hidup bagi kaum muslimin yang menginginkan kebahagian dunia akhirat, maka Al-Qur’an Hadits perlu dipelajari agar dalam menjalani kehidupan tidak tersesat. Salah satunya madrasah yang memberikan kurikulum belajar agama lebih banyak dibandingkan dengan kurikulum di sekolah umum. Sebab mata pelajaran Agama Islam di madrasah dibagi menjadi sub-sub pelajaran. Seperti Aqidah Akhlaq, Bahasa Arab, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Hal itu diharapkan dapat memperoleh penyampaian yang lebih luas dalam mendalami materi yang diajarkan kepada siswa.      

References

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta, Bumi Aksara, 1994,

Chaplin, J.P. 1981. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta Utara: Cv. Rajawali.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: CV. Darus Sunnah, 2010,

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006),

Dinas Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Penelitian. Jakarta: Depdiknas.

Djuned, Daniel. 2010. Ilmu Hadis: Paradigma Baru dan Rekonstruksi Ilmu Hadis. Jakarta: Erlangga.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, dKurdi dkk. 2010. Hermneutika Al-Qur’an Hadis. Yogyakarta: Elsaq Press.an Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hallen A., Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Press, 2002,

Isrok’atun, Nurdina Hanifah, 2018. Melatih Kemampuan Problem Solving Melalui Situation-Based Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Khanifatul. 2014. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Leefudin. 2014. Belajar Dan Pembelajaran: Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Menteri Agama RI. 2008. Peraturan Menteri Agama RI. Jakarta: Departemen Agama RI.

Mustofa, dan Abdul Wahid, 2013. Hukum Islam Kontemporer. Jakarta: Sinar Grafika.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya, 2005),

N.K, Roestiyah. 1986. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nazrudin. 2007. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras.

Oemar.H.Malik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Bandung: Bumi Aksara), 2002,

Pemerintah RI, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Sinar Grafika: 2003),

Sanjaya,Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses cet ke-3. Jakarta:Kencana.

Kurdi dkk. 2010. Hermneutika Al-Qur’an Hadis. Yogyakarta: Elsaq Press.

Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, (Jakarta: Tera Indonesia, 2001),

Thoha, chabib, Abdul Muti. 2007. PBM-PAI Ekstensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerja sama dengan Pustaka Pelajar.

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana, 2006),

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Novri Susanti Suparman. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(2), 592–600. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.61

Most read articles by the same author(s)