NILAI MORAL DAN ETIKA DALAM KURIKULUM (Eksternal Subjektif dan Internal Objektif)
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v14i1.26Keywords:
kurikulum, nilai, moral, etika, eksternal subjektif, internal objektifAbstract
Kurikulum tidak terpisahkan diri dari dua sisi, yakni sisi ilmu pengetahuan dan sisi nilai moral dan etika. Kelompok eksternal subjektif memandang nilai-nilai moral dan etika tidak perlu ditampilkan secara eksplisit dalam suatu penataan kurikulum yang baku dan dalam setiap materi pengetahuan pembelajaran, tetapi nilai-nilai ini cukup tampil ketika proses interaksi pembelajaran berlansung. Berbeda dengan kelompok internal objektif berkeyakinan bahwa nilai moral dan etika harus mesti tampil dalam setiap materi pelajaran yang telah dimuatkan dalam kurikulum. Hal ini dapat dilihat dalam penerapan kurikulum 2013 yang substansi nilai moral dan etikanya ditampilkan terang-terangan dalam perangkat pembelajaran. Begitu juga dalam aktivitas pembelajaran yang berlansung.