PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL

Authors

  • Ravena Zahra Endry Universitas Muria Kudus
  • Diah Ayu Putri Septiarini Universitas Muria Kudus
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.213

Keywords:

Media Pizza, Pecahan, Pembelajaran Matematika, PMRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pizza melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas III SDN 1 Ngembal Kulon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan media pizza dalam pendekatan PMRI mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, dengan 80% siswa berhasil mencapai tingkat pemahaman yang baik. Media pizza memberikan pengalaman konkret yang membantu siswa memahami pecahan melalui kegiatan interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan alat bantu yang relevan dan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

References

P. Fitriani, R. Permana, and M. F. Nugraha, “Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Realistic Mathemathic Education ( RME ) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD,” vol. 3, no. 2, pp. 73–82, 2019.

N. Agustina, O. H. Pranata, and A. Nugraha, “PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) dalam Meningkatkan Pemahaman pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar,” vol. 7, no. 4, pp. 91–99, 2020.

J. P. M. J. Pendidikan, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PECAHAN,” vol. 10, no. 1, pp. 61–69, 2024.

A. D. Maula, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Think Pair Share Berbantuan Media Pizza Pecahan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Think Pair Share Berbantuan Media Pizza Pecahan,” vol. 4, no. 2, pp. 1109–1118, 2024.

G. Z. Sujana, D. S. Febriyani, N. Cahya, D. Dede, and S. Nahdi, “PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR : Systematic Literatue Review,” vol. 1, pp. 25–37, 2022.

A. N. Laela and C. Hasanudin, “Peran Matematika dalam Teknologi di Zaman Modern,” pp. 700–704.

M. Y. S. Wardana et al., “http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas IMPLEMENTASI MODEL RME DENGAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA,” vol. 9, no. 24, pp. 69–78, 2019.

R. Bagaskorowati, “The Effect of The Realistic Mathematics Education ( RME ) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection,” vol. 1, no. 3, pp. 153–156, 2019.

R. Ilma and I. Putri, “Journal of Mathematics Science and Education SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW : PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Journal of Mathematics Science and Education,” vol. 6, no. 1, 2023.

R. M. Siswa, R. S. Kusumaningrum, and I. Nuriadin, “Jurnal basicedu,” vol. 6, no. 4, pp. 6613–6619, 2022.

I. Firma and N. Dian, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 4, pp. 1888–1899, 2021.

M. Di and K. Merdeka, “Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka,” vol. 3, no. 3, pp. 636–646, 2022.

H. Issn and D. O. I. Article, “AL-MUDARRIS : journal of education, Vol. 2, No. 1 April 2019,” vol. 2, no. 1, pp. 104–120, 2019, doi: 10.32478/al-mudarris.v2i1.213.

A. S. Millah, D. Arobiah, E. S. Febriani, and E. Ramdhani, “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas,” vol. 1, no. 2, pp. 140–153, 2023.

P. Utomo, N. Asvio, and F. Prayogi, “Metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan,” no. 4, pp. 1–19, 2024.

Yetri, O., Fauzan, A., Desyandri, D., Fitria, Y., & Fahrudin, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2000-2008.

C. Missah, F. J. Oentoe, J. M. Sumilat, and U. N. Manado, “MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA,” vol. 4, no. 3, pp. 105–113, 2023.

P. Model et al., “Jurnal pendidikan guru sekolah dasar,” pp. 35–39, 2023.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.

P. D. Menggabungkannya, “PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA Mohammad Mulyadi,” vol. 15, no. 1, pp. 127–138, 2011.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Endry, R. Z., Septiarini, D. A. P., & Zuliana, E. . (2025). PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL . Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1727–1735. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.213