RELEVANSI POKOK PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI TERHADAP PENDIDIKAN SAAT INI

Authors

  • Septri Larasati
  • Eva Dewi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Djefrin E. Hulawa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Alwizar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Keywords:

Relevansi, Pokok Pemikiran, Az-Zarnuji, Pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas tentang relevansi pemikiran pokok Burhanuddin Az-Zarnuji terhadap sistem pendidikan saat ini. Pokok-pokok pemikiran Az-Zarnuji tertuang dalam bukunya yang berjudul Ta’limul Muta’allim yang menitikberatkan pada etika dalam mencari ilmu. Artikel ini mengkaji pemikiran-pemikiran Burhanuddin Az-Zarnuji yang dituangkan dalam karyanya secara khusus, dengan menggunakan metode analisis isi, dimana kalimat-kalimat Az-Zarnuji dianalisis satu per satu, sehingga ditemukan konsep adab dalam menuntut ilmu. Dalam hal ini ditemukan 13 pasal dalam sudut pandang Burhanuddin Az-Zarnuji, yaitu (1) Hakikat Ilmu, Fikih dan Keutamaannya, (2) Niat ketika menuntut ilmu, (3) Memilih ilmu, guru, teman dan kesabaran dalam menuntut ilmu, (4) Takzhim terhadap ilmu dan ahli ilmu, (5) giat, tekun dan semangat, (6) Mulai belajar, besar kecilnya dan urut-urutannya, (7) Amanah, (8) Masa Belajar, (9) Cinta dan nasehat, ( 10) Mempelajari hikmah dan adab yang memanfaatkan ilmu, (11) Sikap wara', (12) Hal-hal yang memudahkan hafalan dan menyebabkan lupa, (13) Hal-hal yang mendatangkan dan menjauhkan (rejeki), memperpanjang dan mengurangi kehidupan. Penerapan konsep pemikiran tersebut sangat relevan dalam sistem pendidikan saat ini mengingat etika semakin memudar dari kepribadian siswa.

References

Az-Zarnuji. Pedoman Belajar Bagi Penuntut Ilmu (Terjemah Ta’lim Al-Muta’allim) (Penerjemah: Muhammadun), n.d.

Az-Zarnuji, Imam. Ta’limul Muta’allim. Solo: Aqwam, 2020.

Choiriyah, Ummi, and Hoirul Anam. “Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern.” Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 9, no. 1 (2023): 259–268.

Fatkhurrozi, Fuad, Ngarifin Shidiq, and Siti Lailiyah. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Saat Ini.” Jurnal Profesi Pendidikan dan Keguruan ALPHATEACH 1, no. 2 (2016): 29–57.

Noer, Muhammad Ali, and Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14, no. 2 (2017): 181–208.

Nuriman, Khayat. “Konsep Pemikiran Burhanuddin Az-Zarnuji Mengenai Pendidikan” 3 (2019): 868.

Tanjung, Fadhilah Sukmawati & Ganjar Eka Subakti. “Pemikiran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Imam Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Pada Era Society 5.0” 21 (2023): 129.

Tholabi, H. Imam. “Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Mutalim.” Jurnal Tribakti 21 (2010): 12.

Wiguna, Satria. “Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Jurnal Dirosah Islamiyah.” Jurnal Dirosah Islamiyah 3 (2021): Hal, 421.

Zaim, Muhammad. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-ZARNUJI (Rekontruksi Epistimologi Pendidikan Modern Berbasis Sufistik-Etik).” Muslim Heritage 5, no. 2 (2020): 305.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Septri Larasati, Eva Dewi, Djefrin E. Hulawa, & Alwizar. (2023). RELEVANSI POKOK PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI TERHADAP PENDIDIKAN SAAT INI. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1051–1059. Retrieved from http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/90