KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU TAIMIYAH
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.92Keywords:
Ibnu Taimiyah, Konsep Pendidikan Falsafah, MetodeAbstract
Kajian ini membahas tentang teori dan pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah. Pemikirannya dalam bidang pendidikan ialah respon terhadap berbagai masalah yang di hadapi masyarakat islam pada masa nya yang menuntut pemecahan melalui jalur pendiidkan. Di antara pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah ialah tentang falsafah pendidikan, kurikulm, bahasa pengantar dalam pengajaran, tujuan pendidikan, metode, serta etika guru dan murid.
References
Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Remaja Rosda Karya)
Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana)
Abdul Aziz Dahlan dkk, Ensiklopedia Hukum Islam, (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve,2003)
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)
Ahmadie Thaha, Ibnu Taimiyah Hidup dan Pemikirannya (Surabaya: PTBina Ilmu Offset 2007)
Imam Tholhah, Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuwan Pendidikan Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)
Majid Irsan al-Kaylani, al-Fikr al-Tarbawi Inda Ibn Taimiyah (Madinah Munawaroh: Maktabah Dar al-Turost, 1978)
Ekarina Katmas, Panorama Maqosid Syariah CV. MEDIA SAINS INDONESIA Melong Asih Regency B40 - Cijerah Kota Bandung - Jawa Barat 2020
Herlina Hasan Khalida, Membangun Pendidikan Islam di Rumah (Jakarta Selatan: Kunci Iman)
Ibn Taimiyah, Fatawa usul fiqh, jilid 19, (t.t)
----------------, Fatawa: Ilmu al-Suluk, jilid X, (cet. I: Saudi: 1398 H)
----------------, al-In, (Kairo: Daar al-Hadits, t. th.)
----------------, Fatawa Kitab Tafsir, jilid 15 (t.t)
Kartika, Apriola Yuliharti, Yanti, KONSEP P E M I K I R A N PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Majid ‘Ursan al-Kailani, al-Fikr al-Tarbawi ‘inda Ibn Taimiyah, (Mesir: Dar al-Turats, tt)
Majid ‘Ursan al-Kailani, Min ‘Amiyah, jilid III, (Maktabah al-Tarbiyah al-Islamiyah al-Arabiyah li Dual al-Khalij, 1988)
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: RinekaCipta, 2000) hal. 25