ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU “SIKAP SEORANG MUSLIM DALAM MENGHADAPI VIRUS CORONA” KARYA KH. ACENG ZAKARIA
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.116Keywords:
Character Education, Corona, UlamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku "Sikap Seorang Muslim dalam Menghadapi Virus Corona" karya KH. Aceng Zakaria. Sebagai seorang ulama yang berpengaruh, KH. Aceng Zakaria memainkan peran penting dalam membimbing masyarakat melalui ajaran-ajaran agama yang relevan dengan situasi pandemi. Buku ini mendorong masyarakat dalam menghadapi krisis kesehatan global untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter seperti religius, kerja keras, peduli sosial dan disiplin. Nilai-nilai tersebut tidak hanya relevan dalam konteks pandemi, tetapi juga dalam menghadapi berbagai krisis lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa ulama seperti KH. Aceng Zakaria adalah mitra strategis pemerintah dalam upaya menggerakkan dan mendisiplinkan masyarakat melalui pendekatan agama. Kolaborasi antara pemerintah dan ulama dapat memperkuat program-program penanganan krisis, mengingat pengaruh ulama yang besar dalam membentuk sikap dan perilaku masyarakat. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran ulama dalam menyampaikan pesan-pesan positif yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yang sangat dibutuhkan dalam membangun ketahanan dan solidaritas sosial di tengah berbagai tantangan.
References
Agus Dwi Darmawan. (2023, August 28). Total Kematian Covid-19 Indonesia Urutan Ke-2 di Asia. Databoks.Katadata.Co.Id.
Asfar, I. T. (2019). ANALISIS-NARATIF-ANALISIS-KONTEN-DAN-ANALISIS-SEMIOTIK. ResearchGate .
Bachtiar, T. A. (2024). Sejarah Pesantren Persis : Pembentukan Tradisi, Adaptasi dan Perubahan (F. Solihin, Ed.). Rumah Literasi Publishing.
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1). https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Ellawati, Darihastining, S., & Sulistyowati, H. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius Dan Nilai Kerja Keras. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 1–8. https://ejournal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9134/4765
Endang Turmudi. (2003). Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. In LKS.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauzan, P. I. (2021). KH Aceng Zakaria: Ulama Persatuan Islam. STAIPI Garut Press.
Hambali, H. (2020). Sikap Muslim Terhadap Wabah Covid-19 Dalam Perspektif Maqashid Syari’ah. Journal of Darussalam Islamic Studies, 1(1). https://doi.org/10.47747/jdis.v1i1.86
Hamid, A. (2016). METODE INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 17 KOTA PALU. Pendidikan Agama Islam, 14(01), 78–90. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/332
Ima, D., Restu, N., & Yusuf, S. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER R.A KARTINI DALAM BUKU HABIS GELAP TERBITLAH TERANG. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art12
Irodati, F. (2022). CAPAIAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.308
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1). https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45
Mustofa, T., & Amar Muzaki, I. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1). https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6800
Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318
Rizqi, A. K., Suwandi, S., & Suhita, R. (2019). ASPEK DIKSI SERTA NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1). https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37651
Saefullah, A. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di TKIT Al-Hikmah. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/oasis.v3i2.3717
Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 558–563.
Sholikha, S. I., & Nuroh, E. Z. (2023). Upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1). https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.12795
Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sulastri, S., Hariyadi, -, & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336
Thadi, R., & Damayanti, P. (2021). Ulama Sebagai Aktor Sosial: Peran Strategis Ulama sebagai Komunikator Dakwah. DAWUH: Islamic Communication Journal.
Urbanus, U. (2021). Model Penanaman Nilai Karakter Disiplin Mahasiswa dalam Meningkatkan Sumber Daya Unggul di Era 4.0. Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2). https://doi.org/10.46305/im.v2i2.82
Yunita, M. R. (2022). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI. An-Nuur, 12(1). https://doi.org/10.58403/annuur.v12i1.106
Zakaria, A. (2020). Sikap Seorang Muslim Dalam Menghadapi VIRUS CORONA (Y. Wildan Rosid, Ed.; 1st ed.). IBN AZKA press.